EDUKASI BUDAYA

Kembangkan Model Supervisi Kepsek Berbasis KKG, Sirajuddin Raih Doktor di UNM

 

Makassar, Upeks.co.id–Salah satu kompetensi yang perlu dimiliki oleh kepala sekolah adalah kompetensi supervisi. Beberapa hasil penelitian menunjukkan besarnya pengaruh pelaksanaan supervisi terhadap upaya peningkatan kinerja guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.

Hal itu yang menggelitik Sirajuddin Saleh untuk melakukan riset disertasi dengan judul: “Pengembangan Model Supervisi Akademik Kepala Sekolah Berbasis Kelompok Kerja Guru untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar,” yang dipertahankan pada Sidang Ujian Promosi Doktor, Rabu (8/1) di Aula PPs UNM.

Sidang dipimpin Wadir 1, Dr.Sulaeman Samad,M.Si., dengan anggota Prof.Dr.Arismunandar, Prof.Dr.Anshari,M.Hum., Prof.Dr.H.M.Arifin Ahmad,M.A., Prof.Dr.H.Ismail Tolla,M.Pd., Dr.Abdul Saman,M.Si.Kons., dan Prof.Dr.Muhammad Yunus,M.Pd.

Loading...

Dosen FIS UNM melakukan riset dan pengembangan model Borg & Gall. Pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, FGD, dan lembar penilaian. Data dianalisis secara deskriptif naratif dan statistik inferensial non-parametrik.

Mantan staf akademik yang beralih ke staf dosen UNM menghasilkan produk berupa buku ajar dan panduan model supervisi akademik berbasis kelompok kerja guru (KKG).

Setelah melalui uji coba ahli dan lapangan, produk dinyatakan valid, praktis, dan efektif digunakan kepala sekolah. Kebaruan produk disertasi ini adalah menggabungkan antara supervisi akademik dan KKG. Praktiknya selama ini berjalan parsial.

Dewan penguji menetapkan Sirajuddin dinyatakan lulus dengan IPK 3,96 atau predikat kelulusan pujian (cumlaude). Sirajuddin tercatat sebagai alumni ke-369 PPs dan ke-132 Prodi Ilmu Pendidikan.(rls)

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top