MAKASSAR CITY

Hindari Kesalahan Prosedur, Senpi Anggoa Polres Pelabuhan Diperiksa

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Kepolisian Resort (Polres) Pelabuhan Makassar, melakukan pemeriksaan secara berkala terhadap senjata api (Senpi) yang dibawa anggota Polres dan Polsek, Rabu (15/1/20).

Pemeriksaan Senpi itu dipimpin oleh Kasi Propam Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Mirwan di halaman belakang Markas Kepolisian Resort Pelabuhan Makassar.

Pemeriksaan Senpi itu guna mengurangi terjadinya kesalahan prosedur dalam penggunaan senjata api dinas, yang dipinjam pakaikan kepada personel kepolisian Resort Pelabuhan Makassar.

Kapolres Pelabuhan Makassar AKBP Muhammad Kadarislam Kasim menjelaskan, tujuan dilaksanakan pemeriksaan senjata api semacam ini, adalah salah satu bentuk pengawasan oleh dinas terhadap Senpi dinas, agar tidak disalahgunakan oleh anggota.

 “Anggota kepolisian harus melalui beberapa tes atau syarat sebelum diperbolehkan memiliki senjata api dinas. Seperti kepentingan petugas yang memegang senjata api tersebut, rekomendasi dari pimpinannya layak atau tidak layak memegang Senpi, ” jelasnya.

Termasuk juga kata Kadarislam, harus lulus ujian psikotes, serta rekam jejak atau track record anggota. Selain itu, pemilik senjata api juga harus menjalani psikotes secara berkala.

Sementara Kasi Propam Polres Pelabuhan Makassar, Iptu Mirwan menambahkan, pemeriksaan ini meliputi kebersihan senjata dan kelengkapan administrasinya. Secara mendetail, juga diperiksa kebersihan senjata dan amunisi, serta keabsahan kartu senpinya.

 “Senpi yang ditemukan tidak bersih, pemegangnya diberi tindakan disiplin, sedangkan yang administrasinya tidak lengkap atau kadaluarsa, senpinya langsung ditarik,”  tambah Kasi Propam Iptu Mirwan. (Jay)

Loading...

#TRENDING

To Top