ANEKA

Kolaka Menuju Pangan Organik


Dr H Muh Azikin. (Foto: Pilips/Upeks).

KOLAKA,UPEKS.co.id—Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) Dr H  Muh. Azikin melakukan inovasi untuk membuat suatu program menjadikan Kabupaten Kolaka sebagai kawasan pangan organik.

Hal itu diungkapkan saat media ini bertandang di ruang kerjanya, Selasa (14/1/20).

Dikatakannya, pihaknya telah berupaya menjadikan Kab Kolaka ini menjadi suatu kawasan pangan organik secara  terpola, mulai dicanangkan di Kecamatan Tanggetada tahun 2020 setelah adanya perubahan anggaran.

“Target kita adalah bagaimana menjadikan semua pangan Kab Kolaka tanpa menggunakan pupuk berbahan  kimia, tetapi kita berupaya agar semua petani menggunakan pupuk organik,”kata Azikin.

Dengan program pangan organik terpolah, kata Azikin targetnya adalah bagaimana semua pangan dihasilkan di  daerah ini (red,) lebih sehat dan berkualitas untuk dikomsumsi masyarakat.

Loading...

“Sekarang kita sudah mulai menegaskan kepada petani agar mengurangi penggunaan pupuk yang mengandung  pestisida dan beralih memakai pupuk organik agar masyarakat lebih sehat,”ujar Azikin.

Diakuinya selama ini para petani sudah dianjurkan untuk menggunakan pupuk organik tetapi itu sifatnya masih  spot-spot.

“Tahun 2020 sudah harus ada ketegasan kepada semua petani untuk menggunakan pupuk organik disetiap  wilayah kecamatan,” kata Azikin.

Sekarang pihaknya sudah mulai turun lapangan untuk melakukan survei serta makukan sosialisasi kepada  masyarakat petani.

“Kita harus merubah pola fikir masyarakat melakukan perubahan tidak lagi memakai pupuk kimia tetapi sudah  harus ada ketegasan beralih kepada pupuk organik,”kata Azikin

Diakuinya untuk mewujudkan program ini tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi membutuhkan pendekatan-pendekatan kepada semua pihak, secara khusus kepada semua petani.

“Pangan yang memakai pupuk organik jauh lebih sehat, berkualitas dan bergizi, tentunya nilai jualnya pasti lebih  tinggi,”ujar Azikin juga Ketua Kerukunan Keluarga Masyarakat Bulukumba.

Dengan mengkonsumsi pangan tanpa menggunakan bahan kimia tentu asas manfaatnya bagi kesehatan manusia  jauh lebih sehat.

“Tahap awal program pangan organik terpolah ini untuk dijadikan percontohan di awali dari Kecamatan  Watubangga, Tanggetada, Wundulako dan Samaturu,”kata Azikin mantan Kadis Pertanian Hortikultura Kolaka.(pil)

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top