14 Sekolah di Sinjai Jadi Pilot Project Sistem Belajar Digital Microsoft 365

  • Whatsapp
14 Sekolah di Sinjai Jadi Pilot Project Sistem Belajar Digital Microsoft 365

14 Sekolah di Sinjai Jadi Pilot Project Sistem Belajar Digital Microsoft 365

SINJAI, UPEKS.co.id—Dengan meningkatkan mutu SDM pada dunia pendidikan di bidang teknologi bisa menjadi
salah satu solusi dalam meningkatkan minat belajar siswa. Dinas Pendidkan Kabupaten Sinjai bekerjasama
dengan Microsoft Indonesia mendorong Sekolah yang ada di Sinjai untuk menerapkan sistem pembelajaran digital  dengan menggunakan Microsoft 365.

Bacaan Lainnya

Sebagai langkah awal, ada 14 Sekolah yang terdiri dari 8 SD dan 6 SMP di Sinjai akan menerapakan metode  pembelajaran Case Study Colaboration (CSC). Hal ini ditandai dengan penandatangan kerjasama abtara Kepala  14 Kepala Sekolah dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, di Aula Handayani Dinas Pendidikan Sinjai,  beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Sinjai Andi Jefriyanto Asapa mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan  tindaklanjut dari kerjasama Dinas Pendidikan Sinjai dengan Microsoft Indonesia yang telah dilaksanakan beberapa  waktu lalu.

“Program CSC ini kita persiapkan untuk para pengawas, Kepala Sekolah, Guru dan siswa bagaimana  mempersiapkan mereka terkait tuntutan penguasaan TIK untuk menghadapi persaingan global di Abad 21  sehingga ada transformasi digiltal yang kita persiapkan dalan proses belajar mengajar di masa datang,”  ungkapnya.

Menurut Andi Jefriyanto, dengan metode pembelajaran ini dunia pendidikan di Sinjai dapat bersaing dengan  daerah lainnya yang sudah maju.

“Dalam CSC ini ada pembelajaran dilakukan guru dan siswa dalam memecahkan kasus pelajaran sehingga  mereka ada interaksi langsung antara guru dan siswa termasuk bagaimana memberikan dampak positif bagi  siswa dalam penggunaan gadget,” katanya.

Lanjut Andi Jefriyanto menerangkan bahwa 14 sekolah ini akan menjadi piloct project atau percontohan bagi  sekolah lain dengan harapan kedepan seluruh sekolah di Sinjai juga dapat menerapkan metode pembelajaran  modern ini.

Sementara Bagian Education Program Manager PT Microsoft Indonesia, Obert Hoseanto melalui telexonference  dari Jakarta mengungkapkan bahwa dirinya salut dengan transformasi pendidikan di Sinjai yang dinilainya telah  melakukan perubahan signifikan

“Secara pribadi saya sampaikan sejak penandatanganan kerjasama yang kita lakukkan pada bulan september  lalu, dalam waktu singkat banyak sekali perubahan yang signifikan contohnya event kami di Jakarta bulan  desember lalu, mereka datang mempresentasikan CSC 365. Kami optimis Sinjai bisa menjadi contoh bagi daerah
lain dalam tranformasi digital di dunia pendidikan,” ujarnya.

Terpisah, Anggota Komisi I DPRD Sinjai Muh. Wahyu yang hadir dalam kegiatan pembinaan CSC 365 ini  menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Dinas Pendidikan Sinjai yang berinovasi menerapkan metode  pembelajaran digital sebab inovasi ini sangat dibutuhkan di zaman serba modern seperti saat ini.

“Selaku anggota DPRD saya sangat mendukung karena metode ini mengarahkan Kepala Sekolah, guru dan  siswa agar lebih berkualitas. Biaya yang dikeluarkan tentunya tidak sedikit dan kedepan kami di DPRD dan dinas  Pendidikan bersama-sama agar program ini berjalan sukses, ” jelasnya.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri pula oleh Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sinjai DR. Hermansyah dan para  pejabat di jajaran Lingkup Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai. (egy)

Pos terkait