RAGAM

UMI Beri Pengetahuan Anggota Kelompok Nelayan “Elang Laut” Pulau Salemo

PANGKEP, Upeks.co.id–Masyarakat di Pulau Salemo sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan tangkap tradisional. Mereka menggunakan alat tangkap jaring sederhana seperti Rakkang, Bubu, Jaring Arad dan Jaring Tiga Lapis.

Alat tangkap yang umum digunakan oleh nelayan penduduk Pulau Salemo adalah gillnet tinggiri (pukat tenggiri), gillnet dasar kakap (pukat kakap), gillnet dasar rajungan dan alat bantu rumpon.

Sedangkan perahu yang digunakan sebagian besar berukuran kecil sehingga menyebabkan rata-rata pendapatan mereka rendah.

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat (PKM) dari Universitas Muslim Indonesia (UMI) dengan judul “Penggunaan Alat Tangkap Jaring Tiga Lapis Sebagai Pendapatan Tambahan Nelayan Pulau Salemo Kabupaten Pangkep “ dilakukan oleh Dr Ir Hasrun, M.Si selaku Ketua tim dengan anggota Dr Ir Kasmawati MP.

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberi pengetahuan dan keterampilan anggota kelompok nelayan “ Elang Laut” Pulau Salemo, Desa Mattiro Bombang, Kecamatan Liukang Tupabiring Utara, Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan.

Kegiatan digelar pada tanggal 27 dan 28 Agustus 2019. Penyuluhan ini diharapkan agar mampu merancang alat tangkap jaring tiga lapis dan mampu mengoperasikannya serta dapat mengidentifikasi jenis hasil tangkapan yang mempunyai nilai ekonomis tinggi.

Metode yang digunakan dalam pelatihan adalah metode partisipatif. Yaitu, melibatkan sebanyak mungkin peran serta mitra dalam kegiatan ceramah, diskusi, praktek dan pendampingan dalam rancang bangun alat tangkap jaring tiga lapis dan cara pengoperasiannya pada daerah lamun.

Berdasarkan hasil pengamatan, setelah sosialisasi alat tangkap ini menunjukkan bahwa alat tangkap jaring tiga lapis ini sangat diminati oleh masyarakat nelayan Pulau Salemo.

Hal ini terlihat banyak dari nelayan Pulau Salemo ingin memiliki alat tangkap ini. Ada enam dari anggota kelompok elang laut sudah memilikinya. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada peningkatan pengetahuan sekitar 60 pemahaman terhadap alat tangkap ini.

Hosting Unlimited Indonesia

Jenis hasil tangkapan jaring tiga lapis di Pulau Salemo adalah ikan Baronang, ikan Katamba, ikan Ayam-ayam.

Permasalahan yang dihadapi oleh para nelayan yang tergabung dalam kelompok nelayan “Elang Laut” adalah belum dapat mengadakan jaring tiga lais karena kekurangan modal dalam penyediaan bahan-bahan dan alat-alat dalam pembuatan jaring tiga lapis ini.

Masyarakat nelayan seharusnya membentuk kelompok nelayan ataupun koperasi yang dapat membantu dalam memperoleh pinjaman modal, membantu pemasaran hasil tangkap, dan tukar ilmu serta informasi antar nelayan agar nelayan dapat lebih mandiri.

Untuk meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan, perlu diberikan penyuluhan tentang bagaimana kelayakan dalam menangkap ikan. Meskipun masyarakat nelayan telah banyak memiliki pengalaman (umumnya pola tradisional), namun penyuluhan ini perlu dilakukan terutama beriorentasi kepada penggunaan dan pemanfaatan teknologi.

Untuk meningkatkan pendapatan nelayan, pihak pemerintah maupun swasta harus membantu nelayan dalam hal pemasaran hasil tangkapan dan penggunaan teknologi dibidang penangkapan baik itu secara kualitas maupun kuantitasnya.

Untuk mendorong kemampuan dari nelayan maka Pemerintah Kabupaten Pangkep khususnya Dinas Perikanan dapat memberikan pembimbinan dan pengembangan kemampuan nelayan dalam menangkap ikan dengan teknologi yang tepat guna secara kontinyu. (rls)

#TRENDING

To Top