MAKASSAR CITY

Sambut HAB ke 74, Kakanwil Kemenag Sulsel Beberkan Kegiatan

MAKASSAR, Upeks.co.id–Tanggal 3 Januari tahun 2020 nanti, sebagai Hari Lahir Kementerian Agama yang dikenal akrab dengan sebutan Hari Amal Bakti (HAB) dan Tahun 2020 merupakan HAB yang ke 74.

Kanwil Kemenag Sulsel sejak tanggal 17 Desember 2019 lalu, sudah melakukan berbagai kegiatan yang diikuti oleh seluruh perwakilan dari Kantor Kemenag Kabupaten Kota se Sulsel, tidak ketinggalan pula Barisan pengurus Dharma Wanita Persatuannya, diantaranya, Pertandingan Futsal, Badminton, Bulu Tangkis, Tenis Lapangan, Lomba Bintang Vokal, Lomba Busana, Lomba Tarian, Lomba Senam, Lomba Pesan Berantai dan masih banyak ragam lomba lainnya yang dipusatkan pelaksanaannya di Kota Makassar.

Kegiatan dalam rangka HAB ke 74 diatas melibatkan sejumlah satker dan unit kerja di Jajaran Kemenag RI seperti Kanwil Kemenag Sulsel, Balai Diklat Keagamaan dan Balai Litbang Keagamaan Makassar, UIN Alauddin, IAIN, STAIN, UPT Asrama Haji Sudiang dan Kemenag Kab. Kota se Sulsel.

Kakanwil Kemenag Prov. Sulsel H. Anwar Abu Bakar, mengatakan untuk agenda kegiatan pada puncak pelaksanaan dalam rangka memperingati HAB ke 74 tahun 2020 yang mengambil tema “Umat Rukun, Indonesia Maju” ini akan dimulai dengan ziarah ke Teman Makam Pahlawan Panaikang Kamis, 2 Januari 2020 pukul 07.00 Wita, selanjutnya dilanjutkan dengan anjangsana ke sejumlah panti asuhan.

Hosting Unlimited Indonesia

Selanjutnya, Jumat, 3 Januari 2020, dilaksanakan Upacara Puncak Peringatan Hari Amal Bakti Kemenag ke-74 tingkat Sulsel dipusatkan pelaksanaannya di Asrama Haji Sudiang Makassar, yang diikuti oleh seluruh Pejabat Eselon II, III, IV beserta seluruh karyawan di jajaran Kemenag Prov. Sulsel, dan untuk Kemenag Kabupaten Kota dilaksanakan di daerahnya masing-masing.

Masih dalam rangkaian Peringatan HAB ke 74, Kemenag Sulsel juga akan menggelar sebuah Gerak Jalan Sehat Kerukunan (GJSK). Sabtu, 4 Januari 2020 pukul 06.30 Wita dipusatkan di Lapangan Karebosi Makassar.

“Event akbar ini akan melibatkan puluhan ribu orang, karena akan diikuti oleh seluruh pejabat, karyawan Kementerian Agama dari seluruh Penjuru Sulsel, termasuk juga Unit Kerja Kementerian Agama yang ada di Sulsel seperti UIN Alauddin, IAIN, STAIN, Balai Diklat dan Litbang Keagamaan Makassar, UPT Asrama haji serta dihadiri langsung oleh Gubernur Sulsel dan seluruh Forkopimda Sulsel,” ujarnya.

“Gerak jalan Sehat kerukunan ini juga diikuti oleh seluruh umat dan ormas dari berbagai Agama di Sulsel, sehingga Nuansa Kebhinekaan dan Kerukunan akan kita tampilkan disini, bila kita semua rukun, maka Negara kita dan daerah kita akan menjadi lebih maju,” papar Kakanwil Termuda di Indonesia ini.

Rangkaian Peringatan HAB ke 74 Kemenag di tingkat Prov. Sulsel ini kemudian ditutup dengan pelaksanaan acara ramah tamah, 5 Januari 2020 di Asrama Haji Sudiang Makassar.

“Sekali lagi, inilah bentuk apresiasi kami warga Kementerian Agama dalam menyambut dan memperingati Hari Jadi Institusi yang telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan di Negara ini, khususnya pembangunan di bidang agama dan keagamaan, semoga Kementerian Agama ke depan tambah lebih baik dan dicintai oleh Umat dan Rakyat Indonesia,” harapnya. (rls)

#TRENDING

To Top