Lutra Dapat Kucuran DAK Pendidikan Rp.19.860.660.000

  • Whatsapp
Lutra Dapat Kucuran DAK Pendidikan Rp.19.860.660.000

Lutra Dapat Kucuran DAK Pendidikan Rp.19.860.660.000

LUTRA.UPEKS.co.id – Bupati Luwu Utara (Lutra) Hj.Indah Putri Indriani meminta seluruh Kepala Sekolah (UPT)  penerima dan pengguna bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan tahun anggaran 2020 mengikuti
aturaNperuntukannya.

Bacaan Lainnya

“Tolong diperhatikan,DAK digunakan sepenuhnya membangun infrastruktur penunjang pendidikan. Sehingga ke  depan tidak lagi ada sekolah jelek yang menimbulkan ketidaknyamanan, baik untuk siswa maupun tenaga  pengajarnya,” ucap Indah di hadapan puluhan Kepala UPT SMPN (Kepala Sekolah) penerima bantuan DAK  bidang pendidikan di SMPN 6 Luwu Utara Kecamatan Bone-Bone, Sabtu(21/12/2019).

”Harus menjadi sekolah ramah anak, infrastrukturnya, tenaga pendidiknya serta lingkungannya harus benar-benar  bisa membuat rasa nyaman bagi siswa-siswi yang sedang belajar. Lakukan sesuai aturan, sehingga manfaat  bantuan dirasakan bersama,” jelasnya.

Kadis Pendidikan, Jasrum juga memberikan pembinaan kepada seluruh penerima bantuan. Menurutnya, kegiatan  DAK tahun anggaran 2019 mengacu program Presiden Joko Widodo, pembangunan infrastruktur sarana  prasarana pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.

Jenis kegiatan yang dilaksanakan penerima bantuan yang bersumber dari DAK maupun APBN, pembangunan  dan rehab RKB sebanyak 7 sekolah, rehab ruang guru/kantor sebanyak 6 sekolah, pembangunan dan rehab  perpustakaan 8 sekolah, rehab laboratorium 9 sekolah, pembangunsn dan rehab jamban 16 sekolah, pengadaan  peralatan lab komputer 15 sekolah dan pembangunan rumah dinas guru 3 sekolah.

“Jadi kegiatan tersebut dilaksanakan melalui partisipasi masyarakat atau swakelola sesuai peraturan Presiden  No.54 tahun 2010 yang pelaksanaanya juga mendapatkan pendampingan dan pengawasan dari tim TP4D  Kejaksaan Negeri Luwu Utara,” ucap Jasrum.

Ia mengakui, muncul banyak usulan dan keluhan dari beberapa Kepala Unit Pengelola Teknis (UPT) yang  menyampaikan akan masih adanya kerusakan dan kekurangan sarana dan prasarana yang ada di sekolahnya.

“Dari usul dan saran yang disampaikan tersebut Bupati meminta kepada kepala UPT(sekolah) yang bersangkutan  agar secepatnya mengajukan proposal kepada Dinas dengan diteruskan ke Bupati,” bebernya.

Dengan demikian, kemudian secara bersama menghitung jumlah seluruh yang dibutuhkan agar secepatnya  diusulkan untuk anggaran selanjutnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Bone-Bone Syahruddin, Lurah Bone-Bone Hasmini, Pjs Kapolsek Bone-  Bone Kompol Arsyad Kaonga, Danramil 12 Bone-Boneo Kapten Inf Yonathan Tandesak dan Babinsa Sidomukti  Serma M.Ruslan, Para Kades, Tokoh masyarakat, Agama, Pemuda dan siswa-Siswi SMPN 6 Lutra dan undangan  lainnya. (yustus)

Pos terkait