ANEKA

Lantamal VI Bersihkan Tugu Pejuang Perintis TNI AL

TAKALAR.UPEKS.co.id—Memasuki Bulan Trisila TNI AL yang mulai 5 Desember 2019 sampai 15 Januari 2020,  Pangkalan Utama TNI AL VI (Lantamal VI) mengadakan kegiatan bersih-bersih di tugu pejuang perintis TNI AL di
Makassar, Jum’at (27/12/2019).

Adapun Tugu pejuang perintis yang dibersihkan, Monumen Tugu Kolonel Laut (Purn) A. Hamzah Tuppu yang di Jl.  Karaeng Bontomarannu Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, Sulsel.

Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas menjelaskan, kerja  bakti ini merupakan bakti penghargaan dari Lantamal VI atas perjuangan Kolonel Laut (Purn) A. Hamzah Tuppu  yang merupakan putra Sulsel asal Galesong yang telah berjasa untuk merintis berdirinya TNI Angkatan Laut RI.

Hosting Unlimited Indonesia

“Di bulan Trisila TNI AL ini, kami selaku personel Lantamal VI ingin menunjukkan bahwa TNI AL sangat peduli  terhadap para pejuang yang telah berjasa dalam usaha merintis berdirinya TNI AL di Indonesia. Salah satunya kerja bakti membersihkan serta mengecat kembali monumen sejarah TNI AL Kolonel Laut (Purn) A. Hamzah  Tuppu di Kota Galesong Kabupaten Takalar, Sulsel ini”, ujar Danlantamal VI.

Untuk diketahui, Hamzah Tuppu adalah Anak kedua dari empat bersaudara ini lahir dari pasangan Sayyid Dg Ngempo dan I Tallasa Dg Rannu. Dia dilahirkan 20 Agustus 1920 di Borongcalla, Desa Bontosunggu, Galesong  (sekarang masuk wilayah administratif Kecamatan Galesong Selatan), Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan.

“Beliau merupakan salah satu tonggak berdirinya TNI AL di Makassar, oleh karena itu perjuangannya patut dihargai oleh para penerus utamanya para prajurit TNI AL di masa sekarang ini”, sambung Danlantamal VI.

Terlihat para personel Lantamal VI yang dipimpin oleh Komandan Denma (Dandenma) Lantamal VI Letkol Laut (P)  Andik Putro Wibowo, S. Sos., tampak dengan semangatnya membersihkan sekitar area monumen Hamzah Tuppu  tersebut.(pen lantamal VI).

#TRENDING

To Top