MAKASSAR CITY

Kaji Transformasi Budaya Organisasi Antar Dosen IISIP Yapis Biak Raih Doktor di UNM

Makassar, Upeks.co.id–Carut-marut wajah budaya organisasi cukup dikenali pejabat strategis di Kabupaten Biak Numfor. Suatu gambaran situasi yang “memaksa” agar dikaji perilaku individu dan kelompok dalam budaya organisasi di BKPSDM Kabupaten Biak Numfor.

Fenomena itu mendasari Dahlan meneliti untuk meraih gelar doktor bidang Ilmu Administrasi Publik dengan judul disertasi “Transformasi Budaya Organisasi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Kabupaten Biak Numfor.”

Riset disertasi Dosen IISIP Yapis Biak dipertahankan di depan tim penguji diketuai Prof.Dr.Anshari,M.Hum. dengan anggota: Prof.Dr.Haedar Akib,M.Si.,Prof.Dr.H.M.Arifin Achmad,M.A.,Prof.Dr.Darman Manda,M.Hum.,Prof.Dr.Rifdan,M.Si.,Prof.Dr.H.Arismunandar,M.Pd., dan Prof.Dr.M.Thahir Haning,M.Si. Ujian promosi dilaksanakan pada Senin (23/12) di Aula Lt.5 PPs UNM.

Riset Dahlan memaparkan tiga temuan. Pertama, terdapat empat dari tujuh nilai budaya organisasi primer yang eksis pada tataran persepsi pengetahuan personalia di BKPSDM Biak Numfor.

Hosting Unlimited Indonesia

Kedua, ditemukan empat nilai budaya organisasi primer yang eksis pada tataran sikap dan perilaku kerja anggota, yaitu idealitas nilai perhatian pada kerincian, orientasi orang, orientasi tim, dan ideaitas nilai agresif proaktif.

Ketiga, ditemukan dua indikator transformasi, yakni idealitas nilai perhatian pada kerincian dan idealitas nilai orientasi tim yang bertransformasi dari tataran persepsi pengetahuan ke dalam sikap dan perilaku kerja anggota.

Setelah menjawab semua sanggahan dan bantahan tim penguji, Dahlan dinyatakan lulus dengan IPK 3,96 dan predikat kelulusan pujian (cumlaude). Dia tercatat sebagai alumni ke-833 PPs dan ke-320 prodi Ilmu Administrasi Publik.

Menurut Wadir Bidang Kerja Sama dan Publikasi, raihan prestasi Dahlan merupakan buah kerja keras, ketekunan, dan keuletan. Para penguji mengakui karakter santun yang dimiliki Dahlan dalam berinteraksi akademik.

Menurut Prof.Dr.Anshari,M.Si. prodi S-3 Ilmu Administrasi Publik terbilang memiliki jumlah mahasiswa dan alumni terbanyak. Prodi ini sangat diminati karena prestasinya. Apalagi prodi ini telah terakreditasi A atau unggul.(rls)

#TRENDING

To Top