Hindari BABS, Lutra Deklarasi ODF

  • Whatsapp
Hindari BABS, Lutra Deklarasi ODF

Hindari BABS, Lutra Deklarasi ODFLUTRA.UPEKS.co.id—Kabupaten Luwu Utara dijenal dengan julukan Bumi Lamaranginang di Provinsi Sulawesi-
Selatan (Sulsel) melaksanakan deklarasi ODF (Open Defecation Free) atau ” awas/stop Buang Air Besar
Sembarangan (BABS)” di Aula hotel Remaja Masamba, Sabtu(21/12).

Deklarasi itu dihadiri 36 Desa/Kelurahan se Kabupaten Lutra serta Kecamatan Masamba, Kecamatan Sukamaju  Selatan serta Kecamatan Tana Lili.

Bacaan Lainnya

Deklarasi juga dihadiri perwakilan masyarakat yang sangat berperan penting dalam perwujudan Open Defecation  Free (ODF), kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan dan dirangkaikan  pernyataan komitmen para Kepala Desa, Lurah dan Camat.

Bupati Luwu Utara, Hj. Indah Putri Indriani pada deklarasi ODF ini mengatakan, Stop buang air besar(berak) di  sembarangan tempat dan ini merupakan wujud pemberdayaan masyarakat dengan kemandirian mampu  mengubah perilaku hidup bersih dan sehat dari masyarakat yang buang air besar di sembarang tempat menjadi  buang air besar di jamban yang sehat.

“Hal ini merupakan bentuk komitmen tinggi masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan,”  tutur Bupati cantik Indah Putri Indriani.

Dan Indah berharap Bumi Lamaranginang akan menjadi percontohan bagi daerah lain di Sulsel untuk melakukan  perubahan pola hidup warganya agar tidak buang air besar sembarangan, dan kepada seluruh Desa, Kelurahan  serta Kecamatan lain yang belum deklarasi stop buang air besar sembarangan, agar memiliki komitmen untuk  menuju ke arah itu.

Dalam kesempatan itu dilakukan pula pembacaan komitmen untuk menganjurkan warganya agar tidak buang air  besar sembarangan.

“Harapan Pemda Lutra, jamban atau sanitasi yang sudah ada bukan sekedar memenuhi standar, melainkan  terpenuhinya penunjang kesehatan warga, seperti tak berbau dan juga bisa mengkonsumsi air yang layak, intinya  harus berdampak positif pada kesehatan warga,” harap Bupati perempuan yang cantik ini.

Hadir dalam deklarasi ODF Kepala Dinas(Kadis) Kesehatan Andi Muh Nasrum, Kadis PRKP2 Syamsul Syair,  Fasilitator STBM Provinsi Sulsel.(yustus).

Pos terkait