EDUKASI BUDAYA

Berdayakan Masyarakat, HIMA Sosiologi UNM Baksos di Desa Barua Bantaeng

BULUKUMBA.UPEKS.co.id—Berobsesi berdayakan masyarakat berjangka panjang, Bakti Sosial Himpunan  Mahasiswa (HIMA) Sosiologi 2019 Universitas Negeri Makassar (UNM) Bantaeng berlangsung di Desa Barua,
Kecamatan Eremerasa, Kabupaten Bantaeng, 22 – 31 Desember 2019.

Kegiatan mengusung tema “Membumi Bersama Masyarakat dengan mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi”.

Baksos HIMA Sosiologi ini sifatnya pemberdayaan masyarakat dan berjangka penjang. Itulah sebabnya  menggandeng Karang Taruna. Tujuannya, agar semua program kelak, dapat dilanjutkan Karang Taruna.

Demikian siaran pers Ketua HIMA Sosiologi FIS UNM, Ahmad Adriadi kepada wartawan yang diterima Upeks.co.id  Kamis malam (26/12)

Hosting Unlimited Indonesia

Menurut Ahmad Adriadi, selama baksos, yang disasar pendidikan formal dan non formal, sosial, budaya, potensi  desa dan kepemudaan. Khusus paket kegiatanya pendidikan formal, dilaksanakan LDK untuk siswa Yayasan  SMP Darul Islami.

Sekolah tersebut, ruangan kelasnya masih berdinding seng. Jumlah siswanya 44 orang dan sangat minim  fasilitasnya.

Makanya, teman-teman berinisiatif membuatkan perpustakaan mini. Sekolahnya terbangun empat tahun lalu, ujarnya.

Khusus pendidikan non formal, lanjut Ahmad, dibuatkan ruang baca untuk masyarakat dan tiap malam, juga kita agendakan diskusi film dengan masyarakat Desa Barua.

Teman- Teman juga adakan riset pendidikan dan potensi desa. Hasil dari riset akan diseminarkan. Agendanya, seminar pendidikan, Jumat 27 Desember, seminar potensi desa, Senin 30 Desember. Akan dihadirkan pihak terkait dan masyarakat Desa Barua, tuturnya.

Dibagian lain dijelaskan, sudah dilaksanakan sosialisasi pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak  kepada kelompok wanita tani Desa Barua.

”Turnamen futsal juga sementara berlangsung. Rencananya, Minggu,29 Desember pelaksanaan gerakan menanam pohon dan aksi bersih. Selanjutnya, 31 Desember, adakan semarak desa sekaligus penutupan,”
tandas Ahmad Adriadi. (rls).

#TRENDING

To Top