MAKASSAR CITY

Hadiri Diskusi Budaya, Ilham Azikin: Jadikan Nilai Budaya Sebagai Pedoman Hidup 

BANTAENG, UPEKS.co.id-Bupati Bantaeng, DR Ilham Syah Azikin menghadiri diskusi Kampung Budaya 3 yang digagas Komunitas Pakampong Tulen (Komplen). Diskusi ini digelar di pelataran Taman Makam Purbakala La Tenri Ruwa, Sabtu sore, 21 Desember 2019.

Dalam suasana yang santai, diskusi ini digelar dengan membedah ikrar kepada raja atau yang dikenal dengan istilah A’ngaru’. Pada kesempatan itu, Bupati bergelar doktor pemerintahan ini mengatakan kegiatan ini bisa menambah keilmuan tentang budaya yang ada. Menurutnya pemerintah harus hadir untuk mengapresiasi ruang yang disediakan pegiat seni dan literasi di daerah yang bertajuk Butta Toa ini.

“Kegiatan ini akan meningkatkan pengetahuan kita tentang budaya, khsusnya A’ngaru, bagi masyarakat Kabupaten Bantaeng,” kata Ilham.

Ia menyebut, melalui ruang diskusi ini bakal muncul nilai budaya. Jika nilai budaya itu telah lahir dalam benak masyarakat, kata Ilham, maka akan menghasilkan makna yang bermuara pada kehormatan masyarakat Bantaeng.

Hosting Unlimited Indonesia

“Pemerintah siap menjadi bagian yang tak terpisahkan pada proses-proses seperti ini, khususnya diskusi-diskusi budaya yang dipertunjukkan Komplen,” ujarnya.

Dia juga berharap agar kegiatan ini menambah ilmu pengetahuan dan wawasan akan budaya luhur di Sulsel, khususnya Kabupaten Bantaeng.

“Semoga ini menambah khazanah, wawasan dan bisa merefleksi kita, bahwa nilai budaya yang ada senantiasa dijadikan sebuah pedoman demi kemaslahatan seluruh masyarakat Bantaeng,” pungkasnya.

Sementara salah satu pendiri Komunitas Pakampong Tulen, Baharuddin Dion mengatakan bahwa diskusi budaya dengan tema A’ngaru ini perlu diadakan untuk mengetahui esensi dari budaya tersebut.

Sebelumnya Diskusi kampung budaya pertama mengusung tema Pakkio Bunting dan pada diskusi kampung budaya II mengusung tema Tunrung Tallua.(Irwan.P)

#TRENDING

To Top