ANEKA

Dosen dan Mahasiswa Prodi D-IV TLM Universitas Megarezky Gelar PKM di SMAN 5 Barru

Makassar,Upeks.co.id— Dosen dan mahasiswa Program Studi (Prodi) D-IV Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Universitaa Megarezky (Unimerz) menggelar program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMAN 5 Kabupaten Barru.

PKM yang diikuti sebanyak 16 dosen dan 15 mahasiswa pada tanggal 14 Desember 2019 tersebut, mengangkat tema “Edukasi dini dan skrining hepatitis untuk edukasi dini penyebaran dan pencegahan awal hepatitis dimulai dari kader masyarakat dan pemeriksaan kesehatan (Golongan Darah, Kolesterol, Asam Urat, Glukosa Darah)”.

Ketua Prodi D-IV TLM Universitas Megarezky, Nirmawati Angria, S. Si., M. Kes mengatakan, sasaran dari program PKM ini adalah para guru, staf dan siswa SMAN 5 Kabupaten Barru.

Hosting Unlimited Indonesia

Dimana, skrining HBsAg dan pemeriksaan golongan darah diperuntukkan bagi siswa. Kemudian, pemeriksaan kesehatan (asam urat, kolesterol dan gula darah) bagi Guru dan staf. Sedangkan kegiatan penyuluhan kesehatan dilaksanakan untuk siswa dan guru serta staf.

“Kami dari pihak Prodi berharap dengan adanya kegiatan ini dapatmewujudkan siswa sebagai generasi muda yang sehat dan dapat tercegah serta membentengi diri dari penyakit infeksi menular seperti hepatitis,” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan skrining awal hepatitis, lanjut Nirmawati, dapat mencegah terjadinya penyebaran ataupun penularan penyakit hepatitis di kalangan pelajar. “Selain itu, tim dosen dan mahasiswa merasa terpanggil untuk terus melaksanakan edukasi demi mewujudkan generasi bangsa yg sehat dan produktif nantinya,” ungkapnya.

Sementara Kepala SMAN 5 Kabupaten Barru, Syahruddin mengapresiasi kegiatan PKM yang digelar Prodi D-IV TLM Universitas Megarezky tersebut. Pasalnya, melalui edukasi dan pemeriksaan itu, para guru, staf dan siswa bisa mengenal profesi baru yaitu analis kesehatan.

“Kami berterima kasih karen telah diberikan edukasi dan pemeriksaan yang belum pernah kamk dapatkan selama ini. Kami juga bisa lebih mengenal dengan profesi baru yaitu analis kesehatan. Bahkan, para siswa kami, tertarik untuk kuliah di Unimerz,” ungkapnya.(san)

#TRENDING

To Top