ANEKA

Bantaeng Tuan Rumah Hari Relawan PMI Sulsel

BANTAENG,UPEKS.co.id—Kabupaten Bantaeng selalu menjadi salah satu tujuan pusat kegiatan yang berskala
nasional dan regional. Terakhir adalah pelaksanaan upacara hari Relawan PMI Sulsel yang digelar di Pantai
Marina, Kabupaten Bantaeng, Senin, 23 Desember 2019.

Pelaksanaan hari Relawan PMI ini dirangkaikan dengan latihan gabungan penanggulangan bencana yang  dilaksanakan. Upacara ini adalah keinginan masyarakat yang dituangkan dalam penandatanganan prasasti
peringatan Tsunami Aceh.

Bupati Bantaeng, DR Ilham Azikin mengatakan, suatu kehormatan dan kebanggaan bagi pemerintah dan  masyarakat Bantaeng karena tahun ini daerah berjuluk Butta Toa ini menjadi tuan rumah peringatan hari PMI
Tingkat Sulsel.

Menurutnya, hal itu adalah bukti pencerminan sinergitas antara Pemkab Bantaeng dalam arahan support Pemprov  Sulsel yang ingin menjadi bagian dari kerja-kerja PMI Sulsel.

“Pelaksanaan dan kerja yang dilakukan oleh saudara kita yang diberikan amanah menjadi relawan PMI adalah  kerja yang mulia dan ikhas,” ujarnya.

Hosting Unlimited Indonesia

Ketua PMI Sulsel, Adnan Purichta Ichsan YL menambahkan, relawan yang hadir sepatutnya berbangga karena  negara telah memberikan legitimasi kepada seluruh relawan yang ada pada puncak peringatan PMI ini. Relawan  yang hadir tentu adalah orang-orang terpilih karena sebuah ketulusan, keikhlasan membantu sesama.

Dia menambahkan,hal itu merupakan momentum untuk mewujudkan kesiapan menghadapi bencana jika memang  terjadi di Sulsel.

“Seluruh yang hadir pada hari ini adalah ujung tombak relawan. Jadi mari kita terus memperbaiki ketulusan untuk  bisa membantu sesama”, kata Adnan yang juga merupakan Bupati Kabupaten Gowa ini.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani menambahkan, kegiatan ini sebagai momentum evaluatif.

Menurut dia, setiap tahun kegiatan ini bisa menjadi moment untuk melakukan evaluasi seperti apa perkembangan PMI Sulsel.

“Selama ini PMI hanya identik dengan pelaksanaan donor darah, padahal juga hadir jaminan dan perlindungan  sosial kepada semua orang tanpa melihat identitas maupun suku agama. Pemerintah Provinsi Sulsel tentu sangat  mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini.

Pelatihan gabungan penanggulangan bencana dilaksanakan di pelataran Pantai Marina Bantaeng. Para relawan  dilatih dengan berbagai rangkaian kegiatan, mulai dari assesment, serta simulasi penanggulangan bencana.

Turut hadir pada kegiatan tersebut yakni Ketua DPRD Bantaeng, Hamsyah, para Unsur Forkopimda, para Kepala  SKPD, para Camat, para Ketua PMI seluruh wilayah Sulawesi Selatan, serta para relawan PMI se-Sulsel. (Irwan.P)

#TRENDING

To Top