ANEKA

USAID IUWASH PLUS FGD Perumusan Capaian Akses Air Minum

BANTAENG,UPEKS.co.id—USAID IUWASH PLUS menggelar Fokus Group Discusion(FGD) Perumusan Capaian  dan Target Akses Air Minum dan Sanitasi Aman Kabupaten Bantaeng dan Kabupaten Bulukumba. FGD  berlangsung di Hotel Ahriani Bantaeng,Selasa,17 Desember 2019.

Kegiatan diikuti 27 orang peserta terdiri dari narasumber dan Tim Fasilitator IUWASH PLUS,Pokja AMPL Prov.
SulSel,Konsultan Road Map,Kepala Bappeda,Kabid Ekonomi, SDA-LH & IK Bappeda Bantaeng,Kabid  Pembangunan Manusia, Sosial, Budaya dan Analisis Perencanaan,Kepala Dinas Pekerjaan Umum,Kabid Cipta
Karya Dinas PUPR,Kepala Dinas Kesehatan,Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes,PDAM dan UPTD.

Peserta dari Kabupaten Bulukumba terdiri dari Kepala Bappeda,Kabid Prasarana Wilayah dan Sumber Daya Alam  Bappeda,Kabid Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda,Kepala Dinas Perumahan, Pemukiman dan
Pertanahan,Kabid Sarana Umum dan Pemerintahan,Kepala Dinas Kesehatan,Kabid Kesehatan Masyarakat  Dinkes dan PDAM.

Martdwita Bayulestari Junior Governance Specialist IUWASH mengatakan,untuk memastikan peningkatan akses  terhadap layanan WASH secara berkelanjutan.

Loading...

USAID IUWASH PLUS berpegang pada hipotesis pembangunan  yang berfokus pada penguatan sistem pemberian layanan, agar dapat menjangkau segmen penduduk yang paling  miskin dan rentan secara lebih efektif.

Untuk mencapai hal tersebut, program ini melakukan sejumlah kegiatan melalui empat komponen yang saling terkait, yakni, meningkatkan layanan WASH rumah tangga,memperkuat kinerja kelembagaan WASH di tingkat kota,memperkuat lingkungan pembiayaan WASH dan memajukan advokasi, koordinasi dan komunikasi WASH  nasional.

“Untuk mendukung komponen-komponen tersebut, USAID IUWASH PLUS juga menjalankan Komponen Keberlanjutan dan Inovasi Lokal (LSIC) yang dirancang untuk mendorong inovasi WASH yang dapat memperkuat  masyarakat, sektor swasta, pemerintah, dan penyedia layanan WASH”jelas dia.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membangun kesepakatan dokumen data akses air minum dan air limbah domestik tahun 2019 dan rencana target capaian akses air minum dan air limbah domestik tahun 2020 – 2024.

Masing-masing OPD Sektor WASH menggunakan data akses air minum dan air limbah domestik aman yang telah disepakati sebagai data dalam perencanaan berikutnya,tandas Martdwita.

Ditambahkan,adapun Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya kesepakatan data akses air minum  dan air limbah domestik tahun 2019 dan rencana target capaian akses air minum dan air limbah domestik tahun  2020 – 2024.

Selain itu,juga adanya perencanaan pembangunan akses air minum dan air limbah domestik oleh masing-masing OPD sektor WASH dengan menggunakan data akses air minum dan air limbah domestik aman yang telah disepakati,pungkasnya.(Irwan.P)

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top