ANEKA

Pansus Harap Ranperda Warisan Budaya Tak Benda Masuk Kurikulum Pendidikan

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Panitia Khususus (Pansus) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Warisan Budaya Tak Benda di DPRD Sulawesi Selatan meminta kepada pemerintah provinsi untuk mensupport pansus dalam pembiayaan anggaran.

Hal itu disampaikan oleh Anggota Pansus Ranperda Warisan Budaya Tak Benda, Arum Spink dalam rapat tersebut. “APBD harus mensupport ranperda ini,”ujar Arum Spink, Selasa (17/12/2019).

Loading...

Pasalnya, APBD tentunya membantu dinas pariwisata untuk melakukan identifikasi warisan budaya tak benda yang belum terakomodir sehingga dapat diteruskan ke kementerian.

“Dengan begini pintu masuknya sektor pariwisata melakukan identifikasi hingga ke kabupaten/kota. Karena yang paling tahu kondisi adalah mereka,”katanya.

Hal senada diungkap John Rende Mangontan. Legislator Partai Golkar itu mengatakan, ada baiknya disupport Ranperda ini. Ini bukan untuk pansus melainkan untuk tim penyusun dalam hal ini sektor pariwisata. “Memang perlu disuport,”ucapnya.

Lebih lanjut, Jhon Rende menambahkan, ranperda ini perlu juga dimasukkan dalam kurikulum pendidikan. Agar generasi kedepan dapat memahami nilai histori dan filosofi warisan budaya yang dimaksud.

“Misalnya saja rambusolo. Bagaimana filosofinya tidak hanya budaya saja,”katanya.

Jika sudah diimplementasikan maka dapat menambah PAD di masing-masing kabupaten/kota. “Banyak aset yang dimiliki daerah ini. Tidak sebanding dari daerah lain. Sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan,”jelasnya. (mah)

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top