ANEKA

Jaga Kestabilan Harga Jelang Natal dan Tahun Baru , TPID Pertemuan HLM

SELAYAR.UPEKS.co.id— High Level Meeting (HLM) oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten
Kepulauan Selayar di Hotel Rayhan Square, Senin (16/12/2019).

HLM upaya mengantisipasi lonjakan harga komoditas barang/jasa menjelang hari natal 2019 dan tahun baru  2020.

Kepala Bagian Ekonomi Setda Kepulauan Selayar, Muhammad Arsyad yang juga Ketua Pelaksana Harian TPID  mengatakan diperlukan langkah koordinasi, sehingga inflasi dapat dikendalikan dalam batas kewajaran.

Hadir Asisten Ekbang dan Kesejahteraan Ir. H Arfang Arif, Johnson Pasaribu mewakili Kepala Perwakilan BI  Provinsi Sulawesi Selatan, Ruslan Muhammad mewakili Kepala Biro Perekonomian Setda Provinsi SulSel, serta  sejumlah pimpinan OPD terkait, dari BPS, perbankan dan BUMD, APMS serta para agen LPG.

Pembahasan terkait perkembangan inflasi terkini, tantangan pengendalian inflasi ke depan, serta langkah-langkah  pengendalian inflasi khususnya menghadapi hari natal 2019 dan tahun baru 2020.

Loading...

Muhammad Arsyad mengemukakan, TPID Kabupaten Selayar telah melakukan beberapa upaya untuk menjaga  stabilitas harga di Selayar.

Diantaranya, senantiasa meningkatkan koordinasi baik di tingkat kabupaten maupun di tingkat kecamatan, sidak  ke pasar, toko dan gudang sembako yang ada, kemudian peningkatan ketersedian pasokan dan kelancaran  distribusi BBM, gas LPG. “Kami juga telah menyusun roadmap pengendalian inflasi tahun 2020/2021,” ucapnya.

Asisten Ekbang dan Kesejahteraan Ir. Arfang Arif berharap seluruh anggota TPID Selayar dan stakeholder terkait  berperan aktif menjaga ketersediaan pasokan dan distribusi kebutuhan pokok masyarakat dan mengantisipasi  terjadinya lonjakan harga.

“Kestabilan inflasi merupakan prasyarat bagi pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan, yang pada akhirnya  memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” kata Arfang Arif.

Arfang Arif sebut upaya optimal yang dilakukan oleh TPID, angka inflasi di Selayar tercatat cukup rendah dan  stabil di 2019 yaitu pada angka 2,84 persen, lebih rendah pada inflasi 2018 yaitu 3,85%. Hal tersebut kata Arfang  Arif sejalan dengan sasaran inflasi nasional Tahun 2019 yang ditargetkan 3,5 persen.

Lanjut Arfang Arif, tidak kalah membanggakan yang diraih TPID Selayar 2019, adalah penghargaan nominasi  TPID kabupaten berprestasi dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. (citizen report/hms).

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top