MAKASSAR CITY

Creator Muda SMAN 11 Pinrang, Mewakili Sulsel ke Tingkat Nasional

 

Pinrang, Upeks.co.id–Generasi muda sangat penting dibekali wawasan tentang literasi media. Dalam hal ini, MAARIF Institue telah mengembangkan jurnalisme kebinekaan untuk anak muda (pelajar).

Mengawali langkah dengan revitalisasi platform informasi pelajar yang sangat strategis dalam bentuk majalah dinding kekinian. Kegiatan digelar dalam beberapa tahap di 10 kota di Indonesia, termasuk Makassar. Pesertanya adalah siswa SMA/SMK/Sederajat se Indonesia. SMA Negeri 11 Pinrang tak menyia-nyiakan kesempatan ini.

Tahap pertama yang dilalui adalah seleksi karya mading. Mading memuat artikel “Keberagaman di Sekolahku”, Foto, Video, dan Grafis. Tim SMA Negeri11 Pinrang yang lolos seleksi awal ini adalah Nurfadllah Ham sebagai ketua Tim, Muh. Adib Deden, Sayla Majedah Q, Adilah, dan Fitriah Ramadhani. Tim ini lolos seleksi awal sehingga berhak mengikut Creatormuda Academy di Makassar selama dua hari, 25-26 Juli Juli 2019. Pada acara ini, tim yang lolos diberikan ilmu tentang “mading talks”, coaching clinic, kelas menulis, videografi, fotografi, dan desain poster.

Setelah diberikan bekal ilmu dari pelatih yang mumpuni di bidangnya masing-masing, setiap tim kembali ke sekolah melanjutkan proses penerbitan mading melalui www.madingsekolah.id.

Pembuatan mading ini terus dipantau dan dinilai sejak bulan Juli 2019-Desember 2019. Panitia dalam hal ini MAARIF Institute memberikan tema yang selalu berbeda. Misalnya, mading SMAN 11 Pinrang telah menerbitkan 9 mading, dengan tema diantaranya: 4 Pilar Kebangsaan, Sport for Peace, Sumpah Pemuda di Mataku, dan Sekolah Karakter Sekolah Tujuan.

Setelah melalui penilaian selama enam bulan, tim RC-SMAN 11 Pinrang berhasil lolos 20 Besar Nasional dan memperoleh kesempatan mengikuti “Creatormuda Cummit 2020” Kegiatan yang akan berlangsung di Jakarta 15 Januari 2020. Suatu kebanggan luar biasa yang dirasakan anak muda smanses ini. Belajar di Jakarta dan bersaing dengan 19 tim hebat se Indonesia.

Tim RC-SMAN 11 Pinrang berharap mampu meresap ilmu dengan maksimal, agar mereka mampu menjadi terbaik. Tim terbaik akan mendapatkan kesempatan trip to Singapura mengunjungi kantor Google.
Kepala UTP SMAN 11 Pinrang, bapak Drs. H. Ridwan Ali memberikan motivasi kepada siswa-siswanya.

“Jangan lelah untuk belajar, mengembangkan potensi diri bukan hanya dalam bidang akademik, tapi life skill lainnya. Karena kesuksesan masa depan ditentukan oleh proses-proses life skill yang dijalani saat ini”.(rls)

Loading...

#TRENDING

To Top