EDUKASI BUDAYA

Beri Kuliah di UIT, Rocky Gerung : Dosen UjungTombak Lahirnya Generasi Kritis

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Akademisi, Rocky Gerung menegaskan, separuh universitas di Amerika Serikat akan
tutup 15 tahun ke depan.

Itu dikemukakan Rocky Gerung saat beri kuliah umum/pakar di lantai 6 kampus 5 Universitas Indonesia Timur
(UIT) Jl Abdul Kadir Makassar, Selasa, (17/12/2019).

Kondisi di Amerika itu akan terjadi, karena mahalnya pendidikan, disisi lain, orang bisa belajar lewat internet. Yang  ada tinggal kecepatan dan ketepatan cara berpikir. Itu yang dikompetisikan di dunia,” kata Rocky Gerung.

Jadi UIT bukan lawannya UI, tetapi Harvard, California yang juga tumbuh dengan metode yang sama untuk  mengakses informasi,” beber pria kelahiran Manado itu.

Loading...

Dikatakannya, cara berpikir para akademisi harus diubah. Sebab, dosenlah merupakan ujung tombak melahirkan  generasi kritis. Mahasiswa juga kata dia, harus ikut mampu menyelesaikan permasalahan sosial yang terjadi  dalam masyarakat.

”Jadi tidak tergantung ada tidaknya dosen, bertatap muka, tidak tergantung ruang AC atau tidak, namun karena  kecepatan berpikir bergantung pada kemampuan merumuskan madalah, dan menantang argumentasi dengan  mahasiswa, dan itu mengandalkan kebebasan berpikir, bebernya”.

Inti universitas adalah dosen, inti dari dosen adalah berpikir, karena cuma itu peralatan kita dalam universitas.  Karena itu, berbeda pendapat adalah hal yang harus terjadi di dalam universitas. Harus terjadi supaya dialektika itu  terwujud,” sambungnya.

Di bagian lain, dia berharap, dosen UIT bisa melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang bersaing secara  internasional. Karena tidak bisa dipungkiri, UIT mengalami kemajuan pesat saat ini.

Mari buktikan bahwa anak didik UIT mampu ”bertengkar” dalam situs internasional. Inti intinya dan kita ingin  supaya masyarakat tahu, bahwa UIT mampu melakukan itu, karena berdasarkan riset bisa lompat dari 1.600 ke 400 dan itu membutikan ada kualitas bertumbuh disitu, tutupnya. (rls).

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top