ANEKA

Asosiasi SPAMS Julukanayya Berdayakan 32 Pengurus KPSPAMS

BANTAENG,UPEKS.co.id—Sebanyak 32 peserta dari 32 desa/kelurahan pengurus Kelompok pengelola Sistem
Air Minum dan Sanitasi (KPSPAMS) se-kabupaten Bantaeng Workshop Pembuatan SOP pengelolaan Air Minum  Perdesaan Kabupaten Bantaeng 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan Asosiasi SPAMS Julukanayya Kabupaten Bantaeng dan penanggungjawab kegiatan  secara keseluruhan adalah DPMU Program Pamsinas Kabupaten Bantaeng.

Acara ini berlangsung 16 hingga 17 Desember 2019 di Gedung PGRI Kabupaten Bantaeng.

Loading...

Ketua Asosiasi Julukanayya Kabupaten Bantaeng Ramli mengatakan, workshop bertujuan agar ada peraturan  desa tentang pelestarian sumber air serta pengelolaan dan pemanfaatan air minum.

Selain itu,juga adanya keputusan Kepala desa tentang penetapan Iuran pemanfaat dan biaya sambungan rumah  dan pembuatan Rencana Kerja KPSPAMS serta Legalisasi KPSPAMS,jelas dia.

Ditambahkan,Adapun hasil yang diharapkan dari workshop ini adalah terbitnya peraturan desa tentang pelestarian  sumber air serta pengelolaan dan pemanfaatan air minum.

Selanjutnya,kata dia,terbitnya keputusan Kepala desa tentang penetapan Iuran pemanfaat dan biaya sambungan  rumah serta rencana kerja KPSPAMS sudah ada di masing masing KPSPAMS desa serta Pembuatan Anggaran  Desa dan Anggaran Rumah Tangga KPSPAMS,tandas Ramli.

Lanjut kata dia,workshop ini menggunakan metode pendidikan orang dewasa dengan prinsip belajar dari  pengalaman prinsip.

“Inilah yang menjadikan dasar pendekatan seluruh proses kegiatan dimana peserta menjadi pelaku utama dalam  pencapaian tujuan pelatihan untuk implementasinya akan digunakan berbagai metode yakni,ceramah,curah  pendapat,diskusi kelompok dan diskusi pleno”,tutur Ramli.(Irwan.P)

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top