ANEKA

TP PKK Gowa Komitmen Cegah Gizi Buruk dan Stunting

GOWA, UPEKS.co.id— Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Gowa
berkomitmen mendorong pencegahan gizi buruk dan stunting pada bayi dengan memberikan edukasi kepada ibu  hamil dalam rangka bagaimana merencanakan kesehatan ibu dan bayi sejak dari kandungan hingga melahirkan.

Salah satunya dengan menggelar Kelas Ibu Hamil dan Penyuluhan 1000 Hari Pertama Kehidupan di Baruga Tinggi  Mae, Rujab Bupati Gowa, Sabtu (14/12).

Dalam kegiatan tersebut TP PKK Kabupaten Gowa menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Gowa  yang mana pertemuan tersebut dalam rangka memperingati Hari Ibu tahun ini.

Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan, dalam kelas ibu hamil ini dihadiri para ibu  hamil, anggota Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, anggota Tim Penggerak PKK Kecamatan sebagai peserta.

Tak hanya itu, pertemuan tersebut mendapatkan respon yang sangat luar biasa sehingga jumlah peserta yang  ingin ikut terlibat melebihi kuota yang disiapkan.

“Kami tidak menyangka bahwa peserta termasuk para ibu hamil yang ingin ikut itu jumlahnya banyak. Makanya  dalam kelas ini kita bagi dua sesi,” katanya, usai kegiatan.

Menurut Priska Adnan, kelas Imibu hamil yang juga dirangkaikan dengan sejumlah kegiatan seperti kelas pijat  laktasi, senam hamil, konsultasi kesehatan selama masa kehamilan, hingga kelas pijat untuk bayi.

Kelas pijat untuk bayi ini untuk melatih bayi menanggapi stimulasi yang diberikan ibu melalui sentuhan lembut. Tak  hanya itu saat memijat bayi juga akan terjadi kontak mata yang secara tidak langsung menstimulasi kecerdasan  sosial bayi, sebagai bonding time yang berkualitas antara ibu dan bayi.

“Bayi yang dipijit akan lebih ceria, rileks dan membantu tidur lebih nyenyak, pencernaan lebih baik, serta membuat  ASI ibu melimpah ruah karena hormon oksitoksin yang meningkat selama ibu melakukan sentuhan pada bayi,”  ujarnya.

Loading...

Ia pun mengaku, saat kelas berlangsung para ibu hamil sangat antusias mendengarkan materi termasuk saat  mengikuti kelas pijat bayi. Di kelas tersebut pun ibu hamil melakukan sharing beberapa pengalaman dalam
menghadapi mitos-mitos tentang pemberian ASI dari para narasumber yang ahli di bidangnya.

“Kegiatan ini kita lakukan sebagai langkah nyata dalam rangka mendorong terwujudnya Gowa Selamatkan Ibu  yang menjadi salah satu program prioritas TP PKK Kabupaten Gowa saat ini,” tegasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua IDI Kabupaten Gowa, dr Suryadi mengungkapkan, pihaknya sangat memberikan  apresiasi mendalam atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Keterlibatan IDI Gowa dalam hal ini tentunya sebagai bentuk pengabdian dokter bagi masyarakat untuk  memberikan pemahaman yang baik bagi ibu hamil bagaimana merencanakan kesehatan ibu dan bayi sejak dari
kandungan.

Tujuannya antara lain, ibu dapat menjaga kehamilannya, ibu dapat meningkatkan kualitas nutrisinya, sehingga bayi  yang dilahirkan akan sehat dan ibunya selamat. Kemudian ibu dapat merencanakan pemberian ASI Eksklusif   pasca melahirkan, ibu dapat melakukan perawatan bayi sehingga mendapatkan tumbuh kembang yang baik,
selama masa Pertumbuhan Emas (Golden Periode).

“Makanya pada kelas ini kami menghadirkan pada narasumber handal seperti konselor ASI, perawat Perinatalogi  dan tim Dokter dari IDI,” katanya.

Dirinya pun berharap, dari kegiatan ini masyarakat, terutama dokter, ibu-ibu Tim Penggerak PKK, ibu hamil  maupun ibu yang memiliki bayi dapat memahami pentingnya nutrisi yang sehat dan seimbang, serta menjadi
pionir-pionir yang dapat menularkan pola makan yang sehat dan seimbang keseluruh masyarakat.

Itu dengan  mengajak mengkonsumsi makanan dengan pola yang sehat dan seimbang dengan program Isi Piringku yang digagas TP PKK Kabupaten Gowa.

“Untuk keberhasilan program ini diharapkan dapat ditularkan lebih luas ke tingkat kecamatan dan desa/kelurahan,”  ujarnya.

Kedepan IDI Gowa akan lebih meningkatkan kerjasama dalam ruang lingkup yang lebih luas guna mendukung  program Pemerintah Kabupaten Gowa demi mewujudkan masyarakat Gowa yang sehat dan cerdas. (sofyan)

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top