ANEKA

Cara Tripika Kecamatan Pallangga Ajak Warganya Sadar Hukum

GOWA, UPEKS.co.id– Guna mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan yang dapat terjadi kapan dan dimana saja  di wilayah Kecamatan Pallagga. Unsur Tripika yakni dari pihak Kecamatan mulai dari aparat Desa/ kelurahan,
Polsek dan Kodim menggalakkan Gerakan Sadar Hukum kepada masyarakat.

Camat Pallangga, Taufik M. Akib mengatakan aksi yang melibatkan suruluh aparat Desa dan kelurahan  diwilayahnya ini yakni mengajak masyarakat agar sadar hukum dengan tidak meyimpan ataupun membawa senjata  tajam (sajam) untuk diserahkan kepada pihak kemanan dalam hal ini kepolisian.

“Gerakan sadar hukum ini kita lakukan untuk menindaklanjuti arahan Bapak Kapolres Gowa, AKBP Boy Samola  untuk sosialisasikan bahaya atau ancaman pidana jika membawa senjata tajam atau menyimpannya jika tidak  sesuai keperluannya,”Ucapnya saat menyerahkan ratusan senjata tajam milik warganya di Mapolsek Pallangga,  Senin (16/12/2019).

Loading...

Ia juga menerangkan terkumpulnya ratusan sajam milik warganya ini, disebabkan pihaknya bersama aparat desa  dan kelurahan menyapaikan langsung kepada warganya agar menyerahkan segala macam senjata tajam yang  dapat membahayakan ataupun mengancam nyawa orang lain.

“Kita bersama aparat desa dan keluraham menyampaikan langsung kepada warga agar menyerahkan senjata  tajam jika mereka memilikinya, maki mengimbau jangan sampai membawa sajam karena itu akan mengarah pada  pidana. Alhamdulillah setelah kita sampaikan warga yang memiliki sajam berbondong-bondong menyerahkannya
kepada kami,”terangnya.

Di tempat yang sama, Kapolsek Pallangga, AKP Hendra Suryanto menambahkan kegiatan ini merupakan arahan  dari Kapolres Gowa, AKBP Boy Samola dalam rangka menjaga kemanan dan kertiban masyarakat (kamtibmas)  agar menciptakan suasana yang kundusif.

“Kalau masyarakat seperti ini, menyerahkan sajamnya, insya Allah masyarak sudah sadar akan Hukum. Tentunya  ini akan berimbas pada berkurangnya jumlah pelaku kejahatan dengan menggunakan senjata tajam diwilah hukum  Polres Gowa dan khususnya di kecamatan Palllangga,”harap Kapolsek.

Adapun ratusan senjata tajam yang diserahkan pihak Kecamatan kepada Polsek Pallangga yakni berupa Parang,  Badik dan Busur milik warga dari 12 Desa dan 4 Kelurahan. (sofyan).

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top