SULAWESI SELATAN

Bupati Indah di Pesta Panen

Lutra, Upeks.co.id – Bupati Luwu Utara (Lutra) Hj. Indah Putri Indriani menghadiri pesta panen dan tudang sipulung. Di kediaman Kepala Desa Bakka, Kecamatan Sabbang, Lutra, Jumat (13/12).

 

Kepala BPP Kecamatan Sabbang Risal Kasim dalam laporannya menyampaikan Desa Bakka memiliki areal sawah seluas kurang lebih 99 hektare(ha) yang didalamnya ada 5 Kelompok Tani(Koptan) dan dalam setiap musim panen menghasilkan rata-rata 5,4 ton oer ha.

 

Berdasarkan hasil musyawarah tudang sipulung untuk musim tanam bulan Oktober-Maret, dan tanam padi minggu ke dua Desember hingga minggu ke dua Januari 2020, dan jenis padi yang akan ditanam yakni jenis Impari, Mekongga dan Isang Tanah,” tutur Risal Kasim.

 

Bupati Lutra, Hj. Indah Putri mengucap syukur atas rahmat Tuhan dengan melimpahnya hasil panen warga Desa Bakka Kecamatan Sabbang.

 

 “Saya berbahagia dan mengucapkan selamat kepada Kepala Desa Bakka san para Koptan,” harapnya.Sesuai laporan dari Kepala BPP bahwa hasil panen padi masyarakat di Desa Bakka ini masih kurang(5,4 ton per hektare, dan mari kita gencot sampai bisa menghasilkan rata-rata 7 ton keatas/hektar, ” tantang Bupati memberi motivasi pada PPL dan Koptan/warga.

 

Tentunya ini semua adalah berkat, nikmat Allah SWT yang perlu kita syukuri,”tamvah Indah.

Loading...

 

Lebih lanjut Indah mengatakan, warga Desa Bakka dan terkhusus warga Lutra perlu membangun kembali karakter sebagai masyarakat yang menjunjung tinggi budaya gotong royong, melakukan introspeksi diri terhadap apa yang dikerjakan hari kemarin, menjalin kebersamaan dengan secara bersama-sama merencanakan kegiatan di masa mendatang.

 

Perlu kita ketahui bersama bahwa pencapaian produksi kita dua tahun belakangan ini cukup baik, tahun lalu produksi kita di Lutra termasuk yang tertinggi di Sulsel yakni 24 persen produktivitas meningkat.Indah menambahkan untuk keberhasilan produksi dapat di dukung tiga hal utama yakni gunakan bibit kualitas terbaik, gunakan pupuk non subsidi dan ikuti petunjuk jadwal tanam dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di wilayah binaan.

 

“Mari dengan momentum ini kita bangun obor kebersamaan untuk menciptakan peningkatkan produktifitas hasil pertanian. Peliharalah kebersamaan ini dengan baik,” pesan Bupati perempuan pertama di Sulsel ini.

 

Turut mendampingi Bupati, Anggota DPRD, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Buramin Dannu, Kadis TPHP Armiady, Kadis Ketahanan Pangan Alauddin Sukri,  Camat Sabbang Sitti Kidar, Danramil Sabbang Kapten Arm J.Garay, Kapolsek Sabbang, Babinsa dan Babinkamtibmas, Kades Bakja Kaharuddin Umar, Tokoh Agama, Masyarakat dan Ketua TP PKK Desa.(yustus)

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top