ANEKA

Pemkab Gowa – Putera Sampoerna Lanjutkan Kerjasama Program PBG

GOWA, UPEKS.co.id– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus berkomitmen dalam membangun kualitas
pendidikan yang lebih baik melalui berbagai program dan terobosan yang saat ini telah diterapkannya.

Guna mewujudkan gowa sebagai kabupaten pendidikan, salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan menjalin  kemitraan dengan Putera Sampoerna Foundation-School Development Outreach melelalui program  pengembangan pusat belajar guru sebagai sasaran pengembangan kualitas guru di kabupaten gowa.

“Dengan didirikannya program Pusat Belajar Guru (PBG) bertujuan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan  kualitas, kompetensi para guru yang ada di kabupaten Gowa.  Tentunya dengan menyediakan akses pengembangan  keprofesian guru secara berkelanjutan dan terjangkau dari segi waktu, jarak dan waktu,”Kata Bupati Gowa, Adnan  purichta Ichsan, saat menghadiri serah terima berkelanjutan pengembangan pusat belajar guru, di Baruga
Tinggimae, komplek rujab Bupati Gowa, Kamis (12/12/2019).

Selain program pengembangan PBG ini bertujuan memberikan manfaat bagi seluruh pada jenjang PAUD/TK, SD  dan SMP yang berada diwilayah Kabupaten gowa. Salah satunya yang paling penting dari program ini yakni  memilih guru-guru yang potensial untuk menjadi guru inti dan pengelola PBG.

Adnan juga mengungkapkan para guru inti tersebut akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk  menganalisa kebutuhan pengembangan guru, merancang modul pelatihan dan kemampuan menjadi narasumber  yang efektif.

Loading...

“Disaat bersamaan pengelola PBG juga telah kami perkuat dengan kemampuan managemen dasar organisasi,  kemampuan menyusun program yang tepat sasaran, melaksanakan program dan mengevaluasi program agar  dapat melayani kebutuhan guru di kabupaten Gowa,”ucapnya.

Adnan juga mengatakan kekayaan atau majunya suatu daerah bukan dilhat dari banyaknya sumberdaya alamnya,  akan tetapi dengan membangun sumber daya manusinya. Salah satunya dengan memiliki guru yang memiliki skil  yang handal.

Selama rentang waktu tiga tahun sejak 2017 lalu, program PBG Gowa telah melaksanakan sebanyak 61 kali  pelatihan dan telah memiliki 41 guru inti yang terdiri dari 10 pengelola PBG dan 31 guru inti, dimana  pengembangan program ini telah mengimbas kepada 1500 guru yang berada dibeberapa kecamatan.

Kadis Pendidikan Gowa, Salam yang juga memberikan sambutan mengemukakan bahwa Program Pusat Belajar  Gowa (PBG) ini adalah yang pertama diterapkan di luar pulau jawa dan di sulawesi selatan Gowa yang pertama  menerapkannya.

Salam juga memaparkan program-program ataupun motivasi yang dilahirkan oleh pemkab gowa yang paling  menonjol diataranya adalah program kelas tuntas brkelanjutan (SKTB), program pelaksanaan iman dan Taqwa  (Imtaq).

Fund Raising Senior Director Putera Sampoerna Foundation, Elan Mardy mengatakan pusat belajar guru program unggulan yang dirancang oleh Putera Sampoerna Faundation School untuk menjawab  tantanga dalam dunia pendidikan di Indonesia.

“Kesenjangan yang muncul antara pendidikan di berbagai daerah mendorong kami untuk membuat sebuah  program berkelanjutan yang bertujuan pada peningkatan kompetensi guru dan kualitas pendidikan,” ungkapnya.  (sofyan)

Loading...
Loading...

#TRENDING

To Top