ANEKA

Forsda Apresiasi Kejari Kolaka

KOLAKA,UPEKS.co.id—Kordinator Forum Swadaya Masyrakat (Forsda) Kolaka Jabir Teto yang melakukan aksi  unjukrasa di depan Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Kolaka dalam rangkaian perayaan Hari Anti Korupsi(Haki).

Dalam aksinya puluhan aktivis penggiat anti korupsi memberikan apresiasi kepada Kejari Kolaka usai melakukan  eksekusi terhadap mantan Bupati Kolaka H Buhari Matta bersama salah seorang pengusaha, H Atto Sakmiwata  Sampetoding kini ditahan Lapas Cibinong, sementara mantan Bupati Kolaka dua periode Buhari Matta ditahan di  Lapas Makassar.

Koordinator Forsda SultraJabir mengapresiasi langkah Kejaksaan yang telah malakukan ekesekusi terhadap  mantan Bupati Kolaka, Buhari Matta di kampung halamannya (Soppeng) Sulsel.

Dikatakannya, Kabupaten Kolaka banyak kasus dugaan korupsi yang terjadi seperti halnya kasus dugaan penyelewengan  dana desa dan anggaran dana desa serta dana biaya operasional sekolah (BOS).

“Kami berharap kepada pihak Kejari Kolaka agar semua kasus korupsi yang merugikan keuangan negara harus  diusut tuntas,” harap Jabir.

Sementara Kajari Kolaka, Taliwondo menemui pengunjukrasa di depan kantor Kejari mengungkapkan, pihaknya  serta semua penggiat anti korupsi punya kesamaan dalam pemberantasan korupsi. Meski demikian kata Kejari  dua orang yang masuk daftar pencarian orang (DPO) kasus korupsi itu sejak beberapa tahun lalu kini sudah  ditahan di Lapas yang berbeda.

“Pemilik PT. Kolaka Mining ditahan di Lapas Cibinong Bogor sedangkan mantan Bupati Kolaka ditahan di Lapas  Makassar,” katanya.

Menurutnya semua laporan kasus dugaan korupsi pihak kejaksaan punya kewajiban dalam melakukan  penanganan kasus itu hingga ke penuntutan namun tidak serta merta menangani perkara yang tidak berdasar.

” Semua kasus dugaan korupsi harus dilakukan penanganan dengan data dan tidak bisa dilakukan tanpa dasar,”  kata Kajari.

Dikatakannya bahwa penanganan kasus dugaan tidak pidana korupsi tidak semudah dengan penanganan kasus  pidana umum lainnya karena menyangkut hasil putusan penyelidikan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada para penggiat anti korupsi di Kolaka telah memberikan apresiasi  terhadap kinerja Kejaksaan dalam menyelesaikan beberapa kasus dugaan korupsi yang telah divonis pengadilan  tipikor,”ujarnya. (penulis: pil)

Loading...

#TRENDING

To Top