SULAWESI SELATAN

Balai Besar BPOM Makassar Sebut Enrekang Masih Aman Peredaran Produk Berbahaya

ENREKANG, UPEKS.co.id – Wakil Kepala Balai Besar BPOM Makassar Drs. Hamka Hasan. Apt. M. Kes mengatakan permasalahan obat dan makanan di Indonesia masih menjadi salah satu perhatian dan pembahasan serius pemerintah.

 

Hal ini disebabkan karena  masih banyaknya produk ilegal yang mengandung bahan berbahaya beredar disekitar kita.

Untuk itu BPOM perlu meningkatkan sinergitas dengan badan lainnya sesuai Instruksi Presiden no 3 tahun 2019 yang memerintahkan kepada Gubernur dan Bupati untuk meningkatkan intensitas pengawasan terhadap peredaran obat dan makanan.

 

Selain itu Permendagri nomor 41 Tahun 2018 tentang lingkup kerjasama Pemerintah Pusat dengan Kabupaten tentang pengawasan peredaran Obat dan Makanan.

 

Hal ini dikatakan Hamka saat menggelar Sosialisasi Implememtasi Inpres No 3 Tajun 2019 dan Permendagri No 41 Tahun 2018 yang berlangsung di Ruang Pola Kantor Bupati, Rabu (4/12/2019).

 

Acara ini dihadiri dan dibuka oleh Asisten Perekonomian dqn Administrasi Pembangunan Pemkab Enrekang. Hadir pula dwlam kegiatan tersebut Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Enrekang dan perwakilan dari masing masing OPD.

Loading...

 

” Enrekang kerjasama dengan Balai Besar BPOM sudah cukup baik dibuktikan dengan seringnya DPRD, dan Dinas lainnya datang berkunjung ke Balai Besar BPOM untuk menjalin komunikasi terkait peredaran Obat dan Makanan di Enrekang”. Kata Hamka Hasan.

 

Dia mengatakan, makanan dan obat yang beredar di Enrekang masih dikategorikan aman.

 

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Kabupaten Enrekang Mustakim mewakil Bupati Enrekang mengapressiasi kegiatan tersebut. Namun dia mengatakan selain melakukan sosialisasi, sebaiknya BPOM Palopo juga turun langsung kelapangan untuk mengecek kondisi produk – produk yang beredar di Enrekang.

 

” Yang kita harap ada sinergitas antara Pemkab dan BPOM untuk mengecek langsung kelapangan sehingga kita tau apakah betul sudah tidak ada lagi produk – produk yang mengandung bahan berbahaya beredar dipasaran dan dikonsumsi masyarakat”. Kata Mustakim.

 

Hal ini menurut Asisten lebih efektif dibanding melakukan sosialisasi yang pesertanya sangat terbatas. Selain ini Pemerintah saat ini telah berupaya melakukan sosialisasi kepada pemilik hotel, tempat wisata, restoran, tempat penjual kuliner dan pedagang makanan lainnya.

 

Untuk memastikan Kabupaten Enrekang bebas dari peredaran Produk yang mengandung bahan berbahaya, perlu intensitas pengawasan dari semua lini.(Sry).

Loading...

#TRENDING

To Top