UMI – UNIDA Kuatkan Pengembangan SDM dan Pendidikan Karakter

UMI - UNIDA Kuatkan Pengembangan SDM dan Pendidikan Karakter

UMI - UNIDA Kuatkan Pengembangan SDM dan Pendidikan Karakter

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Rektor UMI, Prof. Dr. H Basri Modding,SE., MSi., menandatangani MoU dengan  Rektor Universitas Darussalam Gontor, Prof.Dr. Amal Fathullah Zarkasy, MA.,yang didampingi WR III, Dr. Abdul
Hafidz Zaid, M.A. di sela Welcome Dinner AICIF di Pondok Pesantren Darussalam Gontor, Selasa (3/12).

Bacaan Lainnya

Hadir mendampingi Rektor UMI, Wakil Rektor V, bidang kerjasama Prof.Dr. Ir. H. Hattah Fattah,MS

Komitmen yang kuat kedua lembaga dalam implementasi program,kerjasama didesain secara struktur, sistematis  dan detail. Setelah penandatangan nota kesepakatan (MoU) dilanjutkan penandatanganan MoA yang merupakan  turunan dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Nota kesepakatan.
.
Rektor UMI mengatakan, UMI dan UNIDA dua perguruan tinggi Islam ”Bersaudara”, memiliki visi sama sebagai  lembaga Pendidikan Islam.

Dalam beberapa kali pertemuan dengan Rektor UNIDA, kami mendiskusikan pengembangan kualitas SDM dan  pendidikan karakter nasional. Hasil diskusi disepakati menuangkan dalam bentuk penandatanganan MoU untuk  memjalin kemitraan, menciptakan sinergitas dalam pengembangkan SDM dan Pendidikan Karalter Nasional, kata  rektor UMI.

Sementara itu, WR V UMI bidang kerjasama Prof. Dr. H Hattah Fattah menambahkan kerjasama ini termasuk  dalam pengembangan SDM melalui peningkatan kompetensi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa dan masyarakat melalui Pendidikan formal dan non formal dalam bentuk lokakarya, seminar bersama atau konferensi ilmiah berkala nasional dan international, publikasi bersama pada jurnal international bereputasi join  research. Student exchange dan sebagainya.

Rangkaian kunjungan Rektor UMI ke UNIDA, juga memenuhi undangan menghadiri 7 th ASEAN Universities  International Conference on Islamic Finance (AICIF) 3-4 Desember 2019 yang bertujuan mempertemukan para sarjana, pembuat kebijakan, pakar dan praktisi untuk membahas peran Keuangan Sosial Islam.

Bagian penting dari acara ini perkuat hubungan antara universitas-universitas yang terlibat di negara-negara  ASEAN yang menyediakan program Keuangan Sosial Islam dan kemudian mengedepankan solusi yang memungkinkan untuk pengembangan tersebut.

Kedua perguruan tinggi sepakat kerjasama pengembangan kerjasama melalui pertukaran informasi dalam Bidang Imiah dan Materi Pembelajaran. Dalam bidang pengembangan sains disepakati untuk secara kolaboratif menyelenggarakan seminar dan lokakarya bertaraf nasional dan internasional serta publikasi pada jurnal bereputasi internasional.

Kunjungan dirangkaikan peninjauan fasilitas dan proses belajar-mengajar di Universitas Darussalam (UNIDA) dan  Pondok Pesantrean Moderen Darussalam Gontor.

Dalam waktu dekat, dilakukan pembahasan pengembangan materi ajaran kedua perguruan tinggi. Dalam  kesempatan tersebut, materi Pencerahan Kalbu yang selama ini diselenggarakan di Pondok Pesantren  Darulmukhlisin UMI Padanglampe dan selama pembelajaran di fakultas akan dibahas bersama untuk dilakukan
pemutakhiran. (rls).

Pos terkait