SULAWESI SELATAN

Rapat Persiapan Pilkades Serentak, Cakades Diharap Hindari Politik Uang

SOPPENG, UPEKS.co.id — Pemkab Soppeng gelar rapat persiapan Pilkades serentak 2020 yang dilaksanakan di Kantor Gabungan dinas Pemkab Soppeng, Selasa (03/12/2019).

Rapat persiapan ini dalam rangka menyamakan persepsi, komitmen dan pemahaman tentang urgensi dan tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) kepada para pemangku kepentingan.

Kadis Pemdes, Andi Agus Nongki mengatakan rapat persiapan ini diharapkan ada kesamaan langkah dalam melaksanakan proses demokrasi di desa bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil dan merupakan Pilkades yang berintegritas dan dijauhkan dari praktik Politik Uang.

“Diharap kepada semua Calon Kades (Cakades) supaya menghindari yang namanya Politik Uang karena konsekuensinya bisa merugikan diri sendiri, karena akan didiskualifikasi,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Sekda Kabupaten Soppeng, HA Tenri Sessu juga memberikan pengarahan dan pembekalan agar semua panitia dan pemangku kepentingan dapat melaksanakan ketugasan dengan lancar, penuh tanggungjawab dan berintegritas.

“Berbagai pengalaman yang terjadi selama ini terkait pemilihan kepala desa, dan titik-titik rawan atau hal-hal yang perlu diantisipasi, sehingga pemilihan ini benar-benar dapat melahirkan pemimpin yang beritegritas dan berkualitas,” ujarnya.

Lebih lanjut, Tenri Sessu mengingatkan kepada panitia pemilihan Kepala Desa khususnya BPD selaku pelaksana supaya betul-betul menjelangkan tugasnya sesuai Per Undang Undangan yang berlaku.

“Di jaman modern seperti sekarang ini sudah tidak ada lagi hal-hal yang disembunyikan semua aturan gampang sekali didapat. Jadi saya minta jangan coba-coba untuk berjalan yang tidak sesuai dengan peraturan yang ada,” imbuhnya.

Dirinya pun berharap, Pilkades lalu menjadi pembelajaran untuk diperbaiki dan Pilkades mendatang menjadi lebih baik.Untuk diketahui, Pilkades Serentak Gelombang ke III Kabupaten Soppeng meliputi Desa Bulue Kecamatan Marioriawa, Desa Tellulimpoe Kecamatan Marioriawa, Desa Enrekeng Kecamatan Ganra, Desa Ganra Kecamatan Ganra, Desa Rompegading Kecamatan Liliriaja dan Desa Marioritengnga Kecamatan Marioriwawo. (Min)

#TRENDING

To Top