Uncategorized

Jurnalis Kecam Larangan Pengambilan Gambar Pelipatan Surat Suara Pilkades

SELAYAR.UPEKS.co.id—Ketua Ikatan Jurnalis Selayar (IJAS) Arsil Ihsan dalam siaran persnya, Sabtu (30/11)  kecam larangan pengambilan gambar untuk pemberitaan di tahapan pilkades serentak 2019 di Kabupaten  Kepulauan Selayar.

Sebelumnya, Rizal, salah seorang jurnalis dilarang memotret saat proses pelipatan surat suara di kompleks  Kantor Bupati Kepulauan Selayar, Sabtu (30/11/2019).

Pelarangan itu mengakibatkan Rizal kehilangan momen pengambilan gambar, sehingga proses kerja sebagai  jurnalis sangat terganggu.

Menanggapi masalah tersebut, Ketua IJAS, Arshil Ikhsan menegaskan, telah terjadi penghalangan kerja jurnalistik  di kantor pemerintah yang merupakan ruang publik yang bisa diakses oleh semua orang termasuk jurnalis.

“Tindakan semacam itu tak sejalan Pasal 4 ayat (3) Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers yang  menegaskan, untuk menjamin kemerdekaan Pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh dan menyebarkan gagasan dan informasi,” tegas Arshil.

Pelarangan liputan, kata Arshil, dapat diancam pidana sesuai Pasal 18 ayat 1 UU Pers, yang menyatakan “Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau  menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2  (dua) tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta”

Selain itu panitia Pilkades Selayar dinilai tidak adil. Sebelumnya tidak pernah ada larangan hal serupa, bahkan masyarakat umum pun bebas mengambil gambar atau swafoto di lokasi saat pelipatan surat suara pemilu di ruang pola oleh KPUD Selayar.

Ketua IJAS Selayar, meminta kepada Bupati selaku penanggung jawab Pemerintah Di Kabupaten  Selayar untuk memberi peringatan serta menindak tegas atas perlakukan jajarannya kepada wartawan saat
meliput kegiatan pembangunan dan politik pemerintahan di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Ketua Panitia PPKD yang juga Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD)  Selayar, Irwan Baso, S STp, dan Sekretaris Dinas PMD, saat ditemui Sabtu (30/11/2019) yang sementara melakukan
pelipatan surat suara bersama beberapa staf, menolak didokumentasikan kegiatannya.

Ketika ditanya soal pendistribusian logistik surat suara, khususnya untuk Kepulauan, dengan singkat mengatakan,  “sudah beres”, kata Ketua PPKD, Irwan Baso. (Sya).

Loading...

#TRENDING

To Top