ANEKA

Pemateri di Pertemuan Walhi, Ini Harapan Bupati Lutra

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sulsel pertemuan di Festforest Baruga  Lappo Ase, Jl Pettarani Kota Makassar, Kamis(28/11), kata Kabag Humas Protokoler Lutra, Syahruddin, Kamis
(28/110.

Bicara soal hutan, jangan sampai berlaku istilah 4L (Lo Lagi Lo Lagi), jangan hanya wajah yang millenial, tapi  kelakuannya tetap kolonial terhadap hutan,” kata Bupati Lutra, Indah yang diamini Eksekutif Nasional Walhi,  Khalisah Khalid.

Indah menjelaskan, Lutra merupakan kawasan hutan terluas di Sulsel kedua dari Lutim. Bicara hutan bukan  bicara berapa luasannya, tapi kita bicara political will pemerintah.

Pemerintah saat ini tengah mendorong pembangunan infrastruktur untuk membuka kawasan strategis terisolir di  Seko dan Rampi. Juga berjuang agar hutan di kawasan dua kecamatan terisolir itu tetap utuh dan lestari serta  beruntung pemerintah memberi peluang dengan adanya perhutanan sosial.

Sementara itu Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia(Walhi), Khalisah Khalid menuturkan, kini  masyarakat terkesan kurang peduli hutan yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggalnya. Bahkan ada yang turut  serta melakukan penebangan pohonnya, mengakibatkan kerusakan hutan.

Menurut dia, hutan yang ada di provinsi ini rawan penebangan liar yang mengancam kelestarian lingkungan hidup  serta rawan terjadinya penebangan liar atau aksi pencurian kayu.

Pengamanan hutan belum berjalan dengan baik  dan rendahnya kepedulian masyarakat setempat tentang pentingnya hutan.

Untuk menghentikan perusakan hutan, pihaknya berupaya melakukan pendekatan dengan masyarakat di daerah  yang menjadi sasaran pencurian kayu, perambahan oleh perusahaan perkebunan dan hutan tanaman industri  (HTI) yang berupaya melakukan ekspansi lahan.

“Dalam kondisi rusaknya hutan sekarang ini, masyarakat di sejumlah daerah sering mengalami bencana ekologi  seperti banjir dan tanah longsor pada setiap musim hujan dan mengalami kekeringan yang parah pada saat musim  kemarau,” bebernya.(yustus)

Loading...

#TRENDING

To Top