ANEKA

Danlantamal VI Buka Asistensi Penerapan Aplikasi SIMAK BMN

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Danlantamal VI Makassar, Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas buka  asistensi (Bimbingan Teknis) penerapan aplikasi Sistem Informasi Manajemen dan Akuntansi Barang Milik  Negara (SIMAK BMN) dalam rangka penyusunan laporan BMN 2019 bertempat di Ruang PP. Jaladri Mako  Lantamal VI, Kamis (28/11/2019).

”Kegiatan ini merupakan respon dan itikad baik pimpinan dalam memperbaiki dan meningkatkan kinerja instansi  TNI AL dalam penyusunan laporan barang milik negara,” kata Danlantamal VI.

Tujuannya meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keseragaman serta kesamaan tindak dalam  penyusunan laporan barang milik negara versi kementerian keuangan di lingkungan TNI AL, ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, sebaik apapun suatu system yang berlaku, apabila di tunjang dengan pemahaman dan  penguasaan serta penjabatan teknis pelaksanaannya, maka akan bermunculan interpretasi yang berbeda-beda  dari masing – masing instansi.

Paban VI BMN Slogal Kolonel Laut (T) Sujono,S.E.M.M dalam sambutannya mengatakan saat ini pemerintah  Indonesia melakukan penyelenggaraan pemerintahan yang menjunjung tinggi Akuntabilitas.

“Salah satu aspek yang sangat penting untuk dijunjung tinggi nilai akuntabilitasnya adalah pelaporan asset negara  yang harus dibuat secara transparan, sehingga publik bisa menilai dengan baik kenerja kementrian/Lembaga  dalam mempertanggungjawabkan anggaran yang diberikan oleh negara,” ujarnya.

Kolonel Laut (T) Sujono,S.E.M.M menerangkan aset negara atau yang biasa disebut Barang Milik Negara saat ini  selalu di inventarisir secara mandiri oleh masing – masing instansi pemerintahan dan secara berkala dilaporkan  kepada Dirjen kekayaan negara untuk diaudit dan dinilai pengelolaannya.

Dalam asistensi penerapan aplikasi SIMAK BMN tersebut dikuti perwakilan peserta dari Lantamal VI Makassar,  Lantamal VIII Manado, Lantamal Ambon IX, Lantamal X Jayapura, Lantamal XI Merauke dan Lantamal XIV Sorong  serta dari Lanal Biak, Lanal Palu, Lanal Ternate, Lanal Timika dan Lanal Tual.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, W.S.Wadan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Suratun, S.H , Para Asisten  Danlantamal VI, Kafasharkan Makassar serta segenap tim asistensi penerapan aplikasi SIMAK BMN Slogal. (pen lantamal VI).

Loading...

#TRENDING

To Top