MAKASSAR CITY

DPMDP3A Bantaeng-JICA Genjot SDM 201 Pelaku Usaha Dusun/RW

BANTAENG, UPEKS.co.id- Sebanyak 201 orang peserta. Berasal dari pelaku usaha dari dusun/RW. Mewakili desa/kelurahan sekabupaten Bantaeng. Ikut pelatihan dasar kewirausahaan. Pada program pemberian Bantuan modal berbasis dusun/RW Kabupaten Bantaeng 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDPPPA) Kabupaten Bantaeng.  Bekerjasama dengan JICA. Berlangsung selama 9 hari. Dari  tanggal 14 hingga 22 November 2019.

Acara ini dibagi atas tiga angkatan. Tiap angkatan sebanyak 67 orang peserta. Bertempat di Kantor Baznas Kabupaten Bantaeng, Kamis,14 November 2019.

Indrawan Lestari,S.STP,MM Kabid UEM, SDA dan TTG DPMDP3A Bantaeng mengatakan, dalam rangka merealisasikan salah satu program unggulan Kabupaten Bantaeng maka pelaku usaha yang mewakili desa/kelurahan penting untuk meningkatkan SDMnya sebelum memperoleh bantuan modal berbasis dusun/RW agar nantinya usaha usaha yang akan dikembangkan dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat dan menciptakan inkubator/komunitas usaha di masing masing dusun dan RW sekabupaten Bantaeng.

Tujuannya adalah untuk menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat melalui program bantuan modal berbasis dusun dan RW.

“Selain itu, juga untuk mengentaskan kemiskinan serta mampu mengembangkan perekonomian lokal desa/kelurahan,” jelasnya.

Ditambahkan, dia juga berharap agar semua peserta dapat memahami konsep kewirausahaan dasar dan meningkatkan keterampilan dalam berwirausaha.

Selain itu, diharapkan juga kedepan masyarakat mampu saling berbagi ilmu yang didapatkan dalam pelatihan ini kepada masyarakat yang ada di dusun dan RW-nya, pungkasnya.

Sementara itu, Dwi Budiharto Program Officer JICA berharap setelah pelatihan ini tindaklanjut dalam bentuk pendampingan Pemkab Bantaeng dapat dilakukan sesuai langkah langkah yang telah disiapkan dalam mekanisme Kolaborasi para pihak antara lain OPD OPD terkait dan pendamping pendamping program khususnya program bantuan modal berbasis Dusun dan RW,jelasnya.

Kegiatan ini dibuka wakil Bupati Bantaeng H. Sahabuddin.

Juga dihadiri Kadis PMDP3A Bantaeng drs.Chaeruddin Arsyad.B,Sekretaris DPMDP3A Bantaeng Harmoni. S, Sos, M. Si, Kabid UEM, SDA dan TTG DPMDP3A Bantaeng Indrawan Lestari, S. STP, MM, Shintani Naoyuki tim ahli JICA beserta jajaran tim JICA.(Irwan.P)

Loading...

#TRENDING

To Top