MAN 1 Makassar Belajar di Luar Kelas, Kakanwil Kemenag Sulsel Hadir Memantau

MAN 1 Makassar Belajar di Luar Kelas, Kakanwil Kemenag Sulsel Hadir Memantau

MAKASSAR, Upeks.co.id–Siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Makassar juga melangsungkan kegiatan yang sama dengan Outdoor Classroom Day (OCDay) atau melaksanakan hari belajar di luar kelas yang dipusatkan di Lapangan Indoor MAN 1 Kota Makassar, Jl. Talasalapang No. 46 Kota Makassar, Kamis (7/11/2019).

OCDay, sehari siswa-siswi MAN 1 Kota Makassar belajar di luar kelas, dihadiri dan dipantau langsung pelaksanaannya oleh Kakanwil Kemenag. Provinsi Sulawesi Selatan H. Anwar Abubakar, S.Ag., M.Pd., yang didampingi oleh Kepala MAN 1 Kota Makassar Dr. Luqman MD, S.Ag., S.E., M.M, para Wakamad., guru, CPNS, para staf/pegawai serta seluruh siswa-siswi MAN 1 Kota Makassar yang berjumlah 1.200-an siswa lebih.

Bacaan Lainnya

Berbagai agenda pada kegiatan “sehari siswa MAN 1 Kota Makassar belajar di luar kelas”, diantaranya; menyambut siswa dengan 3S (Senyum, Salam, Sapa), berdoa bersama sebelum dan setelah makan dengan makanan sehat yang dibuat oleh masing-masing orang tua siswa, membaca buku di luar kelas, kebersihan, peduli lingkungan dan kebersihan diri masing-masing siswa.

Selain itu dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab pada sesi ini, cukup membuat membuat siswa merasa sangat senang, seluruh siswa semakin antusias mengikuti OCDay, bagaimana tidak sesi yang dipandu langsung Kepala MAN 1 Makassar Luqman MD dengan berhasil menjawab pertanyaaan yang disampaikan dengan benar, maka siswa yang bersangkutan mendapatkan hadiah langsung dalam bentuk makanan dan uang tunai.

Begitupun selanjutnya para Wakamad. diberi kesempatan untuk memberi penjelasan, pemahaman, tanya jawab dan diskusi yang dapat menambah pengetahuan dan wawasan siswa, diantaranya; Drs. H. Fajaruddin (Wakamad. Kesiswaan), Nurdin, S.Pd., M.Si., (Wakamad. Humas dan Keagamaan MAN 1 Makassar), juga beberapa guru bidang studi, guru Bimbingan Konseling (BK), dan lainnya diberi kesempatan yang sama secara bergiliran, sehingga membuat siswa-siswi semakin antusias dan sangat senang belajar di luar kelas.

Rangkaian kegiatan demi kegiatan berhasil dilaksanakan siswa pada kesempatan ini, termasuk pembersihan tempat-tempat tertentu, menyingkirkan barang atau hal-hal yang membahayakan di seputar lingkungan madrasah, mematikan lampu peralatan listrik yang tidak diperlukan, mematikan kran air yang terbuka, tepuk hak anak dan yel-yel sekolah ramah anak, penyampaian materi ramah anak, penutupan dengan rangkaian akhir OcDay adalah pembacaan do’a bersama.(rul)