Wabup Kukuhkan MPAD MARS Indonesia Kabupaten Selayar

  • Whatsapp

Wabup Kukuhkan MPAD MARS Indonesia Kabupaten Selayar

SELAYAR.UPEKS.co.id— Wakil Bupati Kepulauan Selayar, Dr. H. Zainuddin, S.H., M.H., mengukuhkan Majelis  Agung Pengurus Daerah (MAPD) Majelis Agung Raja Sultan (MARS) Indonesia Kabupaten Kepulauan Selayar  Masa Bakti 2019-2023 di pendopo Rujab bupati, Rabu (23/10/2019).

Bacaan Lainnya

Hadir Ketua DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Kepala  Organisasi Perangkat Daerah, Pengurus Majelis Agung Pengurus Pusat MARS Indonesia, Pengurus Majelis  Agung Pengurus Wilayah MARS Indonesia Sulsel, para Ketua Majelis Agung Pengurus Daerah MARS Indonesia  se-Sulsel, Pengurus Majelis Agung Pengurus Daerah MARS Indonesia Kepulauan Selayar Provinsi  Sulsel, para tokoh masyarakat, pemuka agama, dan pemerhati kebudayaan.

Wakil Bupati menyampaikan, Kebudayaan di Selayar terwujud dalam bentuk peradaban dan merupakan kearifan  lokal yang hidup dan berkembang dalam masyarakat.

Kearifan lokal tersebut juga menjadi tradisi yang telah ada sebelumnya dan secara moral dipegang teguh sampai  saat ini seraya mengalami harmonisasi dengan tuntutan perkembangan zaman.

“Tentu pelantikan dan pengukuhan Pengurus Daerah MARS Indonesia Selayar menjadi penting dalam konteks  pelestarian nilai-nilai budaya dan peradaban kita. Namun demikian, hendaknya diharmonisasikan dengan  perkembangan zaman dan tanpa maksud menumbuhkan kembali kesana feodalisme,” ujarnya.

Tujuan utama yang diemban adalah pelestarian tatanan budaya yang mengandung positivisme dan  mempertahankan sebagai jati diri To Silajara. Terlebih lagi MARS Indonesia Kabupaten Kepulauan Selayar
dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 tentang Organisasi Kemasyarakatan dan yang jelas  dan tegas bahwa MARS Indonesia hadir sebagai Organisasi Kemasyarakatan.

Zainuddin memberikan apresiasi yang tinggi terhadap acara tersebut apalagi kehadiran MARS Indonesia dengan segala macam produknya kelak mampu menjadi daya tarik wisata tersendiri di Kabupaten Kepulauan Selayar.

Di tempat yang sama, Dewan Pendiri MARS Indonesia sekaligus Dewan Dewan Agung MARS Indonesia, Datuk  Luwu ke-40, H. Lamaradang Mackulau Opu To Bau, S.H., juga menyampaikan dalam sambutannya bahwa dirinya  ke Kepulauan Selayar seperti pulang kampung karena di darahnya mengalir darah Selayar.

“Tidak ada Selayar jika tidak Ada Luwu dan tidak ada Luwu jika tidak ada Selayar karena Luwu dan Selayar tidak  sekadar karena hubungan kerabat, tetapi juga hubungan darah,” ujar H. Lamaradang Mackulau Opu To Bau, S.H.  (Sya)

Pos terkait