Pascasarjana UMI Bedah Buku Biografi Pemikiran Imam Shamsi Ali

  • Whatsapp

Pascasarjana UMI Bedah Buku Biografi Pemikiran Imam Shamsi Ali

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Pascasarjana UMI bedah buku “Menapak Jalan Dakwah di Bumi Barat: Biografi  Pemikiran Imam Shamsi Ali” karya Lamadi De Lamato.

Bacaan Lainnya

Buku ini mengandung hikmah, pelajaran yang baik dan mendebat dengan cara yang baik. Tiga kaidah itulah yang  diajarkan Al-Qur’an (QS. An-Nahl: 125) dalam menyampaikan dakwah dan kebaikan Islam pada masyarakat.

Bedah buku ini diselenggarakan di Aula Pascarjana UMI Lantai 3, Rabu (21/10).

Rektor UMI, Prof Dr H Basri Modding Msi mengatakan, UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah senantiasa  memperkaya diri dengan khazanah pemikiran Islam. Kegiatan ini bedah buku biografi ini promosikan Indonesia  dan Islam rahmatan lil ‘aalamiin khas Nusantara selama puluhan tahun di Amerika Serikat.

Beliau telah membangun citra seorang tokoh WNI dan Islam yang disegani. Beliau bersama Yayasan Nusantara  Foundation tengah merintis pembangunan pesantren khas Indonesia pertama di negeri Paman Sam.

Buku ini menyajikan pemikirannya yang orisinil tentang keindonesiaan, keislaman dan masa depan dunia”, ungkap
Guru Besar Fakultas Ekonomi UMI ini.

Penulis Buku “Menapak Jalan Dakwah di Bumi Barat”, Lamadi De Lamato mengenang awal pertemuannya  dengan Imam Shamsi Ali yang kemudian dari sanalah ia mengubah hidupnya.

“Saat saya merantau di Amerika Serikat, hampir setahun (2018-2019) saya bekerja dalam tekanan dan makian  tiada henti oleh seorang manager,” ujarnya.

Akhirnya Januari 2019 saya memutuskan mengundurkan diri. Saya kemudian tertatih-tatih di tengah kerasnya kota  New York. Hingga tiba di Masjid Al-Mamoor, Jamaica Center, milik Komunitas warga Bangladesh.

”Saya disambut marbot Masjid yang sangat ramah. Ia menyebut nama Imam Shamsi Ali, Direktur Masjid Jamaica  Center”, tuturnya.

Marbot masjid tersebut kemudian membawa saya ke sebuah rumah. Ia memberi tahu, itu rumah Imam Shamsi Ali.  Dia meminta saya untuk mengetuk rumahnya dan mengucapkan salam. Saya pun melakukan apa yang  diperintahkannya dengan perasaan khawatir akan ditolak.

Sambil memencet tombol di depan pintu, saya mengucapkan salam. Lalu muncullah, seorang lelaki bersahaja yang  kemudian hari saya kenal berasal dari Bulukumba, Sulawesi Selatan. Dengan penuh ramah, dia menyapa saya  dan mempersilahkan saya untuk menginap di rumahnya, kenang Lamadi De Lamato.

“Sejak awal berkenalan dengan Imam Shamsi Ali, malam itu, kemudian berlanjut dengan perkenan beliau saya  tinggal selama satu minggu dan diajak untuk tinggal di Pesantren miliknya di daerah East Haddam, Connecticute.

Kesempatan itu saya pergunakan untuk berkontemplasi sekaligus membangun kembali rasa percaya diri yang  nyaris hilang sebagai seorang aktivis dan juga penulis,” ungkapnya.

Kehadiran buku ini merupakan anugerah dari Allah SWT melalui perantara Imam Shamsi Ali. Buku ini juga  merupakan penanda dimulainya karir saya sebagai seorang penulis di luar negeri. Perjalanan saya ini merupakan  gambaran awal bagaimana cerminan akhlak (karakter) keislaman Imam Shamsi Ali yang dapat Anda gali lagi  dalam buku biografinya”, jelas Lamadi De Lamato.

Bedah buku dihadiri Wakil Ketua Pendidikan YW UMI Prof. Dr. Hj Masrurah Mokhtar MA, Sekretaris Pengawas  YW UMI Prof Dr H Syahrir Mallingi, MSi., Direktur Pascasarjana UMI, Prof. Dr. H. Baharuddin Semmaila, S.E.,  M.Si., Imam Besar Islamic Center New York, USA dan Direktur Jamaica Muslim Center, USA, Imam Shamsi Ali,  Lc., M.A.

Turut hadir Penulis Buku “Menapak Jalan Dakwah di Bumi Barat”, Lamadi De Lamato sebagai Pembicara, dan H.  Muthahhir Arif, Lc., M.Pd. sebagai Moderator. Hadir pula, Wakil Rektor II UMI, Prof. Dr. Salim Basalamah, S.E.,  M.Si., Wakil Rektor III UMI, Prof. Dr. M. Laode Husen, S.H., M.H., Asdir PPs, Ketua Prodi dalam lingkup PPs UMI,  Kepala UPT Pendidikan Karakter dan Dakwah, Dr. H. Ishaq Shamad, M.A., dosen, karyawan, mahasiswa dan  alumni Pascasarjana UMI. (rls).