LRSPDSRW “MEOHAI” Workshop Kemitraan Dunia Usaha

  • Whatsapp

LRSPDSRW "MEOHAI" Workshop Kemitraan Dunia Usaha

BANTAENG,UPEKS.co.id—Sebanyak 40 orang peserta yang terdiri dari dunia usaha,pelaku UKM, TKSK,  Pendamping disabilitas ikut Workshop Penguatan kemitraan dunia usaha.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini diselenggarakan Loka Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara “MEOHAI” (LRSPDSRW) yang difasilitasi Dinas Sosial Kabupaten Bantaeng di Kantor Baznas Kabupaten Bantaeng,  Jumat,18 Oktober 2019.

Kasi Assesmen dan Advokasi LRSPDSRW Kementerian Sosial Nur Alim,S.ST mengatakan,UPT ini khusus  menangani Disabilitas Rungu Wicara, baik dalam Loka maupun d luar Loka.

Kegiatan ini tahapan ke tiga dari tahapan sebelumnya, yaitu Koordinasi pendataan dan identifikasi kemudian  Sosialisasi Rumah Ramah Disabilitas dan yang ketiga Workshop Penguatan Kemitraan Dunia Usaha,jelas dia.

Tujuannya, mengimbau instansi terkait, para pelaku usaha, para pendamping Disabilitas, dan LKS yang  menangani Disabilitas agar lebih memperhatikan dan lebih peduli peningkatan Kesejahteraan Kaum Disabilitas  baik dalam pemberian kesempatan dalam peningkatan skill dan pengetahuannya maupun kesempatan dalam
lapangan pekerjaan,jelas dia.

Dengan demikian, tidak ada lagi kesan bahwa kaum disabilitas dipandang sebelah mata, dan itu sesuai dengan  tuntutan UU No 8 Thn 2016 tentang Penyandang Disabilitas,jelasnya.

“UU tersebut mengisyaratkan penyandang disabilitas mempunyai hak yang sama dengan yang bukan disabilitas  dalam upaya peningkatan kesejahteraannya”jelasnya.

Selanjutnya dari kegiatan tersebut juga dinamakan kegiatan penjangkauan atau Rehabilitasi Soaial Berbasis  Masyarakat (RBM),katanya.

Ditambahkan,pada kegiatan tersebut sekaligus dibarengi pemberian Bantuan Sosial (Bansos) kepada dua orang  penerima Manfaat Rungu Wicara hasil identifikasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Bantaeng adalah layak untuk  memperoleh bansos,jelasnya.

Bantuan tersebut berupa alat cukur dan alat pemanggangan.Tujuan bansos itu adalah untuk pengembangan  usahanya kelak dan juga sebagai rangsangan dan motivasi bagi penyandang disabilitas yang lainnya untuk mau  berusaha dan mandiri,tuturnya.

Kegiatan ini dibuka Kadis Sosial Kabupaten Bantaeng Andi Irvandi Langgara,AP.

Turuti hadir Kasi Assesmen dan Advokasi LRSPDSRW Kementerian Sosial Nur Alim,S.ST dan Kasi Resos  penyandang disabilitas dan Lansia Dinas Sosial Bantaeng Balkis,SE.(IPA)

Pos terkait