KOMPAK dan Pemkab FGD Susun SOP Penerbitan Akta Kelahiran

  • Whatsapp

KOMPAK dan Pemkab FGD Susun SOP Penerbitan Akta Kelahiran
BANTAENG,UPEKS.co.id—Pemerintah Kabupaten bekerjasama KOMPAK menggelar Focus Group Discussion  (FGD)Penyusunan Standar Operasional Prosedur(SOP)Penerbitan Akta Kelahiran Melalui Kerjasama Lintas  Sektor di Kabupaten Bantaeng.

Kegiatan ini diikuti 24 orang peserta yang berasal lintas sektor yakni Dinas Dukcapil,pengadilan  Agama,kemenag,dinas pendidikan,dinas kesehatan,Kades dan lurah.

Bacaan Lainnya

Acara berlangsung selama dua hari yakni mulai tanggal 22 hingga 23 Oktober 2019,di Ruang pertemuan Wakil  Bupati Bantaeng,Selasa,22 Oktober 2019.

Menurut Baharuddin Solongi selaku  District Coordinator(DC)KOMPAK Bantaeng mengatakan,kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk
menyusun SOP yang akan digunakan untuk kebutuhan Adminduk lintas sektor.Karena Adminduk itu adalah hak  dasar warga negara,sehingga pemerintah atau Negara wajib memenuhi Adminduk atau akta kelahiran.

Ditambahkan,dia berharap semoga Bantaeng bisa tampil sebagai percontohan tentang SOP ini,yang bisa nantinya  direplikasi ke kabupaten/kota lainnya di Indonesia.

Selanjutnya kami dari Pihak KOMPAK berharap agar segala konsekwensi dari lahirnya SOP ini bisa di Back up  dengan penganggaran,karena disini ada yang namanya kordukcapil yang butuh biaya operasional dan termasuk  juga bagaimana kalau SOP ini juga tentu butuh biaya transportasi,lanjut kata dia,intinya harus ada anggaran yang
disiapkan dari Pemerintah daerah,jelas dia.

Sementara itu,Kasi Binmas Kemenag Bantaeng Drs.H.Muh Ribi mengatakan,melalui kegiatan ini pemahaman kami  terkait adminduk lebih baik lagi dan berharap kepada orang tua siswa supaya semakin memiliki kesadaran untuk  berkoordinasi,baik kepada pihak guru di sekolah maupun di Disdukcapil,agar anak anak mereka yang belum
memiliki akta kelahiran supaya juga memiliki akta kelahiran,sehingga nantinya tidak ada anak yang tidak jelas baik  dari segi umurnya maupun dari segi namanya.

Kegiatan ini dibuka Asisten I bidang Pemerintahan Setda Bantaeng H.A.Hartawan Zainuddin,SH,MH.

Turut hadir Baharuddin Solongi,Ismu Iskandar,Rohani dari KOMPAK dan Meutia dari PUSKAPA UI.(IPA)

Pos terkait