Kemenkop Dorong Peningkatan Kapasitas Pelaku KUMKM di Sulsel

  • Whatsapp

Kemenkop Dorong Peningkatan Kapasitas Pelaku KUMKM di Sulsel

MAKASSAR, UPEKS.co.id– Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM)  mendorong peningkatan kapasitas para pelaku Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM) di Tanah  Air, termasuk di Sulsel.

Bacaan Lainnya

Untuk itu, Deputi Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM RI, menggelar kegiatan Peningkatan  Kapasitas SDM KUMKM melalui pelatihan terpadu bagi para pelaku Koperasi dan UKM di Provinsi Sulsel.

Kegiatan yang berlangsung di Grand Maleo Hotel Makassar ini, mulai 17-20 Oktober 2019 ini dibuka oleh Deputi  Bidang Pengembangan SDM Kemenkop dan UKM, Rulli Nuryanto.

“Tujuan kegiatan ini untuk mendorong peningkatan kapasitas dan kemampuan SDM KUMKM di Sulawesi  Selatan,” kata Rulli, Kamis (17/10/19).

Menurut Rulli, ada tiga kegiatan pelatihan yang digelar sekaligus dalam mendukung kegiatan tersebut, yaitu  pelatihan bagi pendamping KUMKM, pelatihan Laporan Akutansi Usaha Mikro (Lamikro), dan pelatihan Standar  Kegiatan Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) ritel bagi pengelola toko koperasi.

“Kami harapkan para peserta pelatihan ini bisa menularkan pengetahuan mereka ini kepada anggotanya,”  katanya.

Sementara itu Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UKM Sulsel, Abdul Azis Bennu menyampaikan apresiasi  dan terima kasihnya, atas kepercayaan dan dukungan Kemenkop dan UKM untuk terus mendorong kualitas  KUMKM Sulsel.

Menurutnya kegiatan tersebut, sangat penting dalam upaya mendukung Pemprov Sulsel membangun ekonomi  daerah melalui pengembangan sektor koperasi dan usah kecil.

Abdul Azis pun meminta kepada peserta untuk benar-benar memanfaatkan kesempatan langka ini dalam  meningkatkan kemampuan mereka.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Asisten Deputi Standarisadi dan Sertifikasi, Retno Endang Prihatini, Kepala  Bidang Penumbuhan Kewirausahaan, Surmanto. (eky)

Pos terkait