Hanya Sebulan, Polres Gowa Ringkus 19 Pelaku Kejahatan

  • Whatsapp

Hanya Sebulan, Polres Gowa Ringkus 19 Pelaku Kejahatan

GOWA, UPEKS.co id– Hanya dalam waktu Sebulan saja Kepolisian Resort (Polres) Gowa berhasil meringkus  sebanyak 19 orang pelaku kejahatan, yanki kasus pencurian dengan pemberatan (curat), pencurian dengan  kekerasan (curas) dan pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Bacaan Lainnya

Kapolres Gowa, AKBP shinto Silitonga menjelaskan, para pelaku tersebut diringkus oleh beberpa tim dari personel  Reskrim Polres Gowa saat dilakukan Operasi Sikat Lipu 2019.

“Ada 19 pelaku yang kita amankan bersama sejumlah barang bukti hasil kejahatan para pelaku,” katanya saat  merilis hasil ungkapan Ops Lipu di Mako Polres Gowa, Kamis (24/10/2019).

Adapun 19 pelaku yang saat ini telah diamankan yakni Pajar (22), Muhammad Syarief (24), Bambang (24), Risal (36), Rahman (18), Ade (21), Taufik (16), Rendi (16), Fajar (13), Riyan (19), Sofyan (17), Resky (17), Rusli (24),  Syahrullah (27), Amir (45), Acung (17), Wahid (18), dan Zainal (33).

“Selain 19 pelaku ini, masih terdapat tiga pelaku lainnya sudah masuk DPO. Para pelaku merupakan sindikat  penjahat jalanan yang kerap meresahkan warga,” lanjut Shinto.

Shinto Silitonga menyebutkan, aksi kejahatan ini juga didominasi oleh pencurian dengan pemberatan (curat) dan  pada umumnya para pelaku ini merupakan resdivis. Diantara pelaku juga masih ada yang usianya masih dibawa  umur.

“Motif pelaku ini karena faktor ekonomi. Hasil dari kejahatan itu mereka gunakan untuk berfoya-foya,” ungkapnya.

Puluhan penjahat jalanan yang terdiri dari beberapa kasus ini seperti curas, curat, dan curanmor bersaksi dengan  cara mobile. Sebelum beraksi, mereka terlebih dahulu memantau para korbannya.

Untuk kasus curas, pelaku melakukan aksinya dengan mengikuti korban. Kemudian mengambil barang korban.  Sasaran utamanya yakni perempuan.

Sementara untuk pelaku curanmor, mereka beraksi saat korban lupa mencabut kunci kendaraan. Kemudian  membawa lari motor korban.

Pihak Kepolisian Resor Gowa kata Shinto telah mengamankan berbagai macam barang bukti. Diantaranya, 9 unit  motor, 8 handphone, 10 tabung gas, beberapa cincin dan kalung emas.

“Para pelaku akan kita kenakan pasal 365 KUHP ancaman hukuman 9 hingga 12 tahun penjara. Pasal 363 KUHP  ancaman hukuman 7 tahun penjara, dan pasal 480 KUHP ancaman hukuman 4 tahun penjara,” tutupnya. (sofyan)

Pos terkait