Guru SMPN 1 Masamba Terapkan Sosialisasi Portal Rumah Belajar

  • Whatsapp

Guru SMPN 1 Masamba Terapkan Sosialisasi Portal Rumah Belajar

LUTRA.UPEKS.co.id— SMP Neg 1 Masamba akan menyiapkan bahan belajar yang berbasis digital yang bisa  diakses untuk fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar Komunitas.

Bacaan Lainnya

Portal ini dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mendukung proses mengajar yang lebih interaktif di kelas. Tak  hanya itu, melalui laman itu maka siswa dapat menggunakan sebagai bahan belajar alternatif, baik itu di dalam dan  luar jam sekolah, dimana saja, kapan saja dan siapa saja bisa akses dan dimanfaatkan secara gratis.

Hal ini disampaikan salah satu guru SMPN 1 Masamba Syamsir S.Pd didampingi Jusman S.Pd pada media ini,  Jumat(18/10).

Di dalam portal itu sendiri,” kata Syamsir S.Pd guru SMP Negeri 1 Masamba terdapat sejumlah fitur menarik  seperti Buku Sekolah Elektronik (BSE) dan Sumber Belajar. Fitur Buku Sekolah Elektronik menjadi alternatif untuk  para siswa yang tidak dapat membeli buku fisik, atau pun sebagai tambahan referensi acuan belajar selain dari  buku yang telah dimiliki. Sejauh ini, BSE telah menyediakan lebih dari 2000 buku dari jenjang PAUD/TK, SD, SMP,  dan SMA/SMK.

“Mereka yang mengunjungi situs ini juga akan menikmati sebuah fitur bernama Sumber Belajar, di mana  pengunjung bisa mendapatkan penjelasan materi pelajaran secara komprehensif dan interaktif. Setiap materi akan  dikupas mulai dari kompetensi, materi, simulasi, latihan, dan tes. Seluruhnya disajikan dengan menggunakan audio  video dan animasi, sehingga diharapkan akan memudahkan siswa memahami materi terkait,” jelas Syamsir S.Pd

Fitur lain yang bisa digunakan guru dan siswa melalui Rumah Belajar seperti Peta Budaya, untuk mempelajari  berbagai macam budaya di Indonesia, Wahana Jelajah Angkasa, sebagai simulasi benda-benda angkasa, Bank  Soal, kumpulan soal-soal latihan dan tes, maupun Kelas Maya, yaitu kelas virtual sehingga fasilitator atau guru
dapat mengajar siswa dari jarak jauh, sehingga dirinya(Syamsir S.Pd) dan Jusman S.Pd yakin akan banyak  mengubah paradigma seseorang(Siswa/i) terkait pendidikan akhir-akhir ini memprihatinkan.

Sementara itu juga Jusman menuturkan, tak sampai di situ, sejumlah fitur pendukung lain juga bisa dimanfaatkan,  hanya saja mereka perlu mengunduh dan registrasi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk pendataan dan  pemetaan pemanfaatan portal. Nantinya, Rumah Belajar akan terus berkembang dengan fitur lainnya.

” Rumah Belajar dapat menjadi alternatif yang baik, selain tak merogoh kocek, materi-materinya telah sesuai  dengan kurikulum berjalan dan telah dikaji bersama dengan guru-guru kompeten. Silahkan akses Rumah Belajar  melalui https://belajar.kemdikbud.go.id atau belajar.kemdikbud.go.id,” tutur Jusman.

Rumah Belajar atau portal rumah belajar ini hadir juga sebagai bagian dari pemanfaatan teknologi dalam belajar  sehari-hari yang kini sudah menjadi hal umum, bahkan sudah terbilang wajib untuk beberapa kalangan. Belajar  online merupakan cara belajar masa kini, generasi melek teknologi adalah generasi menjanjikan untuk masa  depan yang cerah dan sebagai bentuk inovasi pembelajaran di zaman industri 4.0. (yustus)

Pos terkait