Bupati Minta Bentuk Tim Pengawas Pasca Panen

  • Whatsapp

Bupati Minta Bentuk Tim Pengawas Pasca PanenLUTIM.UPEKS.co.id—Guna memaksimalkan pengawasan kegiatan panen petani memasuki masa panen tahun  ini, Bupati Luwu Timur, Thoriq Husler meminta Dinas Pertanian untuk memaksimalkan pengawasan kegiatan
panen petani dengan membentuk tim pengawas pasca panen.

“Pengalaman-pengalaman lalu harga dimainkan, terjadi perbedaan harga antara wilayah satu dengan wilayah  lainnya. Oleh karena itu, saya minta agar dalam rapat itu diputuskan keseragaman harga jual untuk gabah,” kata  Husler, saat memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional (HKN) di halaman Kantor Bupati, Kamis (17/10/2019).

Bacaan Lainnya

Bupati mengatakan, selama ini petani selalu mengeluh karena mereka dirugikan. Oleh karena itu, ia  menginstruksikan dinas terkait agar melakukan rapat bersama baik Dinas Pertanian, Gapoktan dan para  pengusaha serta melibatkan Koramil dalam hal pengawasan.

Husler menambahkan, selain dari permainan harga, petani juga dirugikan dalam hal timbangan. Banyak  pengusaha yang kedapatan melakukan timbangan pada malam hari. Terkait ini, ia minta Dinas Perdagangan  Koperasi dan UKM bersama Satpol PP untuk memantau langsung timbangan.

“Apalagi kalau timbang gabah malam hari, petani sangat rawan dimainkan, disebut 70 Kg padahal 90 kg misalnya.  Ini harus diawasi, kita semua harus tegas penimbangan gabah tidak boleh lewat jam enam sore,” tegas Husler.  (citizen report/hms).

Pos terkait