ANEKA

USAID IUWASH PLUS-Pemkab Sosialisasi Program Hibah Air Minum MBR

BANTAENG,UPEKS.co.id—USAID IUWASH PLUS Regional Sulsel dan Intim Kerjasama Pemkab Bantaeng gelar Sosialisasi Program Hibah Air Minum Perkotaan(MBR)Tahun Anggaran 2020 Kabupaten Bantaeng.

Kegiatan ini diikuti 18 orang peserta dari Bappeda,Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang(PUPR) Bantaeng,PDAM,para Camat,Lurah Bonto Lebang dan kepala desa Bonto Jai di Hotel Ahriani Kabupaten  Bantaeng,Kamis,17 Oktober 2019.

Fauziah Melaniati selaku Urban water Specialist usaid iuwash plus yang juga sebagai penanggungjawab kegiatan  ini mengatakan, kegiatan ini untuk penyamaan persepsi dan menyampaikan program Hibah Air Minum MBR pada  tingkat kecamatan kelurahan agar program Hibah Air minum MBR mendapat tanggapan dan tersampaikan ke  masyarakat,jelasnya.

Ditambahkan, Output yang ingin dicapai adalah pemahaman tentang program Hibah Air Minum MBR TA.2020 dan  tersampaikannya informasi mengenai program hibah air minum MBR TA.2020 serta tersusunnya rencana tindak  lanjut program Hibah air minum MBR TA.2020,tandasnya.

Sekda Kabupaten Bantaeng Abdul Wahab,SE,M.Si mengatakan, kegiatan ini penguatan kapasitas dan  penyamaan persepsi OPD,Camat,Kepala desa/Lurah dan stakeholder yang secara partisipatif dapat berkolaborasi  dalam perencanaan guna menetapkan.

Selain itu membahas beberapa agenda strategis program hibah air minum perkotaan masyarakat berpenghasilan  rendah (MBR),guna mewujudkan peningkatan dan perluasan jangkauan layanan akses air minum dan kegiatan penunjang lainnya yang juga perlu dilakukan.

Disamping itu,kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan progres Penanganan pelayanan air minum dan  perubahan perilaku Higyne masyarakat pada pemukiman pada wilayah perkotaan khususnya dan masyarakat  Kabupaten Bantaeng pada umumnya,jelas dia.

Lanjutnya,dia berharap Pemerintah desa/kelurahan wilayah perkotaan dapat bersinergi dalam mendukung  pelaksanaan program hibah air minum perkotaan masyarakat berpenghasilan rendah,Komitmen dan suppor  Pemerintah wilayah menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan program dan kegiatan hibah air minum perkotaan  masyarakat berpenghasilan rendah pada tataran desa/kelurahan dan pemerintah kecamatan.

“Oleh karena itu,kolaborasi antara Pemerintah dan masyarakat sebagaimana yang dilakukan dalam program hibah  air minum perkotaan masyarakat berpenghasilan rendah Kabupaten Bantaeng merupakan solusi kearah  percepatan pencapaian target 100% akses air minum sebagaimana yang menjadi agenda universal akses
2019”,tambahnya.

Selanjutnya kata dia,peran masing masing unsur baik masyarakat, maupun Pemerintah wilayah desa/kelurahan  dan camat, harus mampu posisikan diri secara kelembagaan,dan teknis melakukan peran dalam arti siapa  kerja apa,serta didukung alokasi APBD yang memadai,tuturnya.

Kegiatan ini dibuka Sekda Kabupaten Bantaeng Abdul Wahab,SE,M.Si. Turut hadir,Warniati Muhayang Wash
Fasilitator Kabupaten Bantaeng dan Direktur PDAM Bantaeng Ilyas Syamsuddin serta Kabid ekonomi SDA-LH dan  Infrastruktur Kewilayahan Bappeda Bantaeng Nursyalim.(IPA).

Loading...

#TRENDING

To Top