ANEKA

KTNA Bantaeng Sosialisasi 12 Kesepakatan Hasil Rembuk KTNA

BANTAENG,UPEKS.co.id— Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Bantaeng yang  difasilitasi Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng menggelar sosialisasi Kesepakatan Hasil Rembuk KTNA Utama.

Kegiatan ini diikuti Penyuluh pertanian dan Pengurus KTNA tingkat kecamatan Sekabupaten Bantaeng di Aula  pertemuan BPP Lamalaka Kabupaten Bantaeng,Rabu,16 Oktober 2019.

Muh Asri, Sekretaris KTNA Kabupaten Bantaeng mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dengan tujuan  untuk menindaklanjuti Hasil kesepakatan rembug Utama Kelompok KTNA Nasional di Pekanbaru Provinsi  Riau,jelas dia.

Lanjutnya,dia berharap agar penyuluh di 67 desa dan kelurahan memahami bahwa KTNA merupakan mitra kerja  penyuluh yang ada di desa dan kelurahan.

Selain itu,KTNA juga akan membentuk swadaya penyuluh tingkat desa dan kelurahan yang diambil dari kelompok  tani yang berprestasi di desa atau kelurahan serta kita akan membangun Market Mart,yang 30% hasil dari  kelompok tani akan dijual di market Mart atau toko tani,jelas dia.

Selanjutnya,dia berharap agar penyuluh yang ada di setiap desa/kelurahan itu yang belum ada pos penyuluh desa  supaya segera membentuk pos penyuluh desa yang bisa dijadikan sebagai tempat berkumpul ketua kelompok tani  dan petani,jelasnya.

Sementara itu,ketua KTNA Kabupaten Bantaeng Andi Novrita Langgara berharap dengan pertemuan sosialisasi ini  ada sinergi antara dinas pertanian,dinas ketahanan pangan,KTNA dan penyuluh pertanian.

Selain itu,dia juga berharap KTNA Bantaeng memiliki kantor sekretariat KTNA sendiri,lanjut kata dia,dengan  kebersamaan antara KTNA,penyuluh pertanian,dinas pertanian dan Dinas Ketahanan pangan,kita berharap agar  petani penerima bantuan bantuan itu,betul betul petani yang layak menerima bantuan, jelasnya.

“Semoga 12 kesepakatan hasil rembug ini dapat ditindaklanjuti segera untuk mempercepat pengembangan sektor  pertanian yang tujuannya untuk menyejahterakan petani dan masyarakat di daerah”,jelasnya.

Ditambahkan,adapun kesepakatan hasil rembug ada 12 salah satunya adalah KTNA mendukung petani  muda/petani milenial perannya dimaksimalkan dengan teknologi pertanian 4.0 untuk dapat memenuhi kebutuhan  petani Indonesia yang mayoritas sudah semakin berumur,jelasnya.

Kegiatan dihadiri ketua KTNA Bantaeng Andi Novrita Langgara,Sekretaris KTNA Bantaeng Muh Asri dan Plt Kadis
Pertanian Bantaeng Abdul Azis,SP.MP. (IPA)

Loading...

#TRENDING

To Top