ANEKA

Ketua MK RI Buka Debat Peradilan Semu Konstitusi di UMI, Ini Harapannya

MAKASSAR.UPEKS.co.id—Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar mendapat kepercayaan sebagai PTS  tuan rumah Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi perebutkan Piala Ketua MK 2019 regional timur Indonesia dan  Seminar Nasional bertema ”Gagasan Reformulasi GBHN Dalam UUD NRI 1945”.

Kegiatan terlaksana atas kerjasama MK, Universitas Tarumanegara, Asosiasi Pengajar Hukum Acara MK dan  Fakultas Hukum UMI, Selasa (15-16/10) di Auditorium Aljibra,Kampus II UMI.

Seminar yang dipandu Dr Askari,SH,MH itu menghadirkan pemateri, Dr Refly Harun,SH,MH (Pakar Hukum Tata  Negara Universitas Tarumanegara), Dr Haryono,SH,Mcl (mantan Hakim MK), Prof Dr HA Muin Fahmal.SH,MH,  (Guru Besar Hukum Tata Negara UMI), Prof Dr Aswanto,SH (Wakil Ketua MK).

Ketua MK RI, Dr. Anwar Usman, SH., MH saat pembukaan menegaskan, Kompetisi Peradilan Semu MK ini, wadah
pembelajaran bagi mahasiswa hukum, agar setelah menyelesaikan studi dapat berkecimpung dan berkontribusi  dalam masyarakat luas.

“Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahun dan sudah masuk tahun ke-6. Semoga seluruh mahasiswa dapat  memahami makna konstitusi. Dengan demikian melalui kompetisi ini, diharapkan akan lahir bibit-bibit ahli konstitusi  untuk menjadi hakim konstusi kelak,” harapnya.

Dalam peradilan semu itu selalu menampilkan ide-ide menarik. Jika kita terlatih merespon hal-hal yang  berkembang, otomatis kultur akademik ilmu hukum juga akan terus berkembang, sehingga cita-cita hukum akan  terwujud, kata Anwar Usman.

Sebelumnya Sekjen MK, Dr Guntur Hamzah,SH,MH melaporkan, tahun 2019 ini kompetisi peradilan semu terbagi  bagi tiga wilayah, regional barat, regional tengah dan regional timur. Untuk wilayah regional timur yang  dilaksanakan di UMI 15-16 Oktober 2019 diikuti 12 tim dari berbagai PTN/PTS.

Diantaranya UI, UMI, Unhas, Universitas Sam Ratulangi Manado, UIN Alauddin Makassar, Universitas Udayana  Bali, Universitas Haluoleo, Universitas Trunojoyo, Universitas Merdeka Malang, Universitas Negeri Surabaya,  Univesitas Jember, UPN Veteran Jawa Timur.

”Dari 12 tim PTN/PTS itu akan keluar empat pemenang yang akan mewakili regional timur untuk berkompetisi  secara nasional pada tingkat final di Jakarta. Pelaksanaannya dijadwalkan pertengahan November 2019 ,”  tandas Guntur Hamzah.

Sebelumnya, Rektor UMI diwakili WR III, Prof Dr H Laode Husen,SH,MH pihak UMI sangat mengapresiasi  Kompetisi Peradilan Semu yang dilaksanakan MK dan mengamanahkan UMI sebagai tuan rumah.

”Kegiatan yang beraspek pembinaan keterampilan hukum ini sangat positif dan bersinergi dengan visi/misi UMI  sebagai lembaga pendidikan dan dakwah untuk melahirkan manusia berilmu amaliah, beramal ilmiah dan  berakhlakul karimah,” kata La Ode Husen.

La Ode Husen menandaskan, saat ini UMI yang berakreditasi institusi A memiliki lima kampus membina 24.000  mahasiswa, ditunjang 51 Guru Besar serta 300 dosen kualifikasi doktor. (arf).

Loading...

#TRENDING

To Top