EDUKASI BUDAYA

Fakultas Hukum UMI Tuan Rumah Kompetisi Peradilan Semu Konstitusi MK, 12 PT Bertarung

MAKASSAR.UPEKS.co.id–Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (FH-UMI) diamanahkan sebagai tuan  rumah perhelatan nasional. Kali ini Mahkamah Konstitusi (MK) Ri percayakan UMI gelar Kompetisi Peradilan  Semu Konstitusi perebutkan Piala Ketua Mahkamah Konstitusi VI Tahun 2019 Regional Timur yang dilaksanakan  di Kampus II UMI, Jl. Urip Sumoharjo Km. 5, Makassar, Rabu (16/10).

Penegasan itu dikemukakan Wakil Dekan I Fakultas Hukum UMI, Hj. Nur Fadhilah Mappaselleng, S.H., M.H.Ph.D di sela-sela perhelatan peradilan semu, Rabu (16/10).

Ditambahkannya, Kompetisi peradilan semu diikuti 12 perguruan tinggi dari regional timur. Diantaranya, Universitas Indonesia, UMI, Unhas, Universitas Sam Ratulangi, UIN Alauddin Makassar, Universitas Udayana,  Universitas Halu Oleo, Universitas Trunojoyo, Universitas Merdeka Malang, Universitas Negeri Surabaya,  Universitas Jember dan UPN Veteran Jawa Timur”, jelas Doktor Ilmu Hukum Lulusan Malaysia ini.

“Kompetisi ini kolaborasi berbagai pihak. Diantaranya Mahkamah Konstitusi, Universitas Tarumanegara, Asosiasi  Pengajar Hukum Acara Mahkamah Konstitusi dan UMI sebagai tuan rumah pelaksana kompetisi tingkat Regional  Timur.

Selama kompetisi masing-masing tim tampil sesuai topik bahasannya. Selanjutnya berbagai peran, termasuk ada  sebagai saksi ahli dan pemohon. Lokasi pelaksanaan sidang tersebar di sejumlah ruangan di Fakultas Hukum  UMI. Sebelumnya, ruangan itu memang telah ditata layaknya sebagai ruang sidang.

Selanjutnya, kompetisi di tingkat nasional akan mempertemukan regional yang telah dipertandingkan. Sebanyak 4  tim dengan nilai tertinggi dari regional timur akan diutus ke tingkat nasional yang dilaksanakan di Jakarta  November 2019, jelas Dr. Nur Fadhilah.

Dr. Nur Fadhilah menguraikan, tema Peradilan Semu Konstitusi ini terkait dengan Undang-Undang tentang  Penerbangan.

“Kompetisi tingkat regional timur mengambil tema, judicial review Pasal 359 ayat (1) dan (2) UU No. 1 Tahun 2009  tentang Penerbangan. Kompetisi ini terbagi atas 2 kelompok, masing-masing terdiri atas 6 tim dengan sistem  penilaian menggunakan poin tertinggi yang berasal dari kedua kelompok tersebut”, tandas Nur Fadhilah yang  merupakan alumni Ghazalish School of Graduate Government, University Utara Malaysia itu. (rls).

Loading...

#TRENDING

To Top