ANEKA

Ketua FKS Harapkan Semua Sekolah Punya Tempat Cuci Tangan

SINJAI,UPEKS.co.id– Ketua Forum Kabupaten Sehat (FKS) Sinjai, Andi Nurhilda Daramata Seto, berharap  kegiatan cuci tangan pakai sabun akan meningkatkan kesadaran anak-anak di Kabupaten Sinjai akan pentingnya  mencuci tangan dengan benar setelah melaksanakan kegiatan.

Pernyataan ini ia sampaikan sekaitan peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia, yang  diperingati setiap 15 Oktober.

“Dari tangan tersebut sumber segala bakteri tumbuh apabila anak-anak tidak membiasakan untuk mencuci tangan  sebelum melakukan kegiatan. Dengan membiasakan anak-anak mencuci tangan, maka kita membantu mereka  tumbuh menjadi anak-anak yang sehat,” jelas istri Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa tersebut, Selasa (15/10)  pagi.

Andi Nurhilda berharap kegiatan cuci tangan pakai sabun diterapkan setiap hari, bukan hanya pada Hari CTPS.

“Harus diterapkan setiap hari, setiap saat, dan setiap anak-anak selesai berkegiatan di luar maupun di dalam  kelas,” tegasnya.

Andi Nurhilda juga meminta semua sekolah di Sinjai menyiapkan tempat cuci tangan dengan air yang mengalir.

Sementara itu sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Sinjai memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun  (HCTPS) Sedunia. Diantaranya SDN 119 Magala, Kecamatan Sinjai Barat, SDN 82 Tokinjong dan SDN 103  Bontompare, Kecamatan Sinjai Utara.

Peringatan HCTPS diawali dengan penjelasan dari guru pembina tentang Hari CTPS dan tata cara mencuci  tangan menggunakan sabun. Bahkan di SDN 82 disertai dengan senam CTPS. Sementara itu di SDN 103  Bontompare, Hari CTPS diinisiasi Komite Sekolah bersama Forum Kabupaten Sehat Sinjai.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal 15 Oktober diperingati sebagai Hari Cuci Tangan Pakai  Sabun Sedunia (HCTPS). Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan langkah kecil untuk memulai hidup sehat.  (egy)

#TRENDING

To Top