SULAWESI SELATAN

Luwu Gelar Event Nasional ‘Gowes Nusantara’ 2019

LUWU,UPEKS.co.id— Kabupaten Luwu termasuk dalam 40 kabupaten/kota se Indonesia yang mendapat kepercayaan Kementerian Pemudaan dan olahraga Republik Indonesia untuk menggelar Event Nasional ‘Gowes Nusantara 2019’ yang dilaksanakan di lapangan Andi Djemma, kelurahan Senga Kecamatan Belopa kabupaten Luwu, Minggu (13/10/2019)

Meski sempat tertunda beberapa jam akibat hujan deras yang mengguyur kota Belopa, Namun hal ini tak menyurutkan animo para penikmat sepeda untuk ikut berpartisipasi pada event yang menjadi program andalan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

Dalam sambutannya, Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra Olahraga dan Sekolah Khusus Olahraga, Bayu Rahardian yang mewakili Plt Kemenpora Hanif Dakiri mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya Gowes Nusantara 2019 di Kabupaten Luwu.

“Kemenpora sangat mengapresiasi antusias Bupati Luwu yang menginginkan pelaksanaan Gowes Nusantara 2019 ini dilaksanakan di Kabupaten Luwu, tentunya ini tak terlepas dari keinginan Bupati Luwu untuk mengembangkan minat masyarakat agar lebih aktif berolahraga. Mengembangkan minat olahraga berarti sudah merupakan suatu bentuk usaha untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pencapaian suatu prestasi,” kata Bayu Rahardian.

Pelaksanaan Gowes Nusantara 2019 dengan tagline Siap bergerak Dimana Saja,  Kapan Saja, dan Bersama Siapa Saja, menurut Bayu Rahardian akan segera dievaluasi.

“Pelaksanaan kegiatan ini akan kita evaluasi. Jika event ini sukses, bukan tidak mungkin jika ada event nasional semacamnya, kita akan kembali menunjuk Kabupaten Luwu sebagai tuan rumah”, kata Bayu.

Menanggapi sambutan Asisten Deputi Pengelolaan Pembinaan Sentra Olahraga dan Sekolah Khusus Olahraga tersebut, Bupati Luwu, H. Basmin Mattayang lalu mengingatkan Kadispora Kabupaten Luwu agar segera menjemput bola.

“Alhamdulillah, saya atas nama Pemerintah Kabupaten Luwu beserta jajaran mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga RI yang telah menunjuk daerah kami sebagai salah satu pelaksana Gowes Nusantara 2019 yang digilir pelaksanaannya di 40 kabupaten/kota se Indonesia. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi kami. Dan jika suatu saat, masih dipercayakan menjadi tuan rumah pada event nasional selanjutnya, kami akan melaksanakannya lebih meriah dan akan melibatkan masyarakat lebih banyak lagi. Ini menjadi tugas Kadispora untuk menjemput bola dari kementerian,” kata Basmin.

Gowes Nusantara 2019 ini diikuti oleh ratusan peserta yang telah berkumpul di Lapangan Andi Djemma sejak pukul 06.00 Wita. Acara dimulai dengan senam bersama yang melibatkan kalangan pemerintah daerah, komunitas sepeda,  pelajar dan masyarakat. Para penikmat sepeda kabupaten Luwu kemudian dilepas oleh Bupati Luwu, H Basmin Mattayang melintasi area pemukiman warga, sejauh 13 km.

Ikut pula bersepeda mendampingi Bupati Luwu, Ketua DPRD Luwu, Rusli Sunali, Anggota DPRD Sulsel, Fadriaty As, Sekda Luwu, Ridwan Tumbalolo, Kapolres luwu, AKBP Dwi Santoso, Pabung Luwu, Mayor Arm Syafaruddin, Kadispora Luwu, Alamsyah, Ketua TP-PKK Luwu, Hj Hayarna Hakim, Wakil Ketua TP-PKK, Elnita Pakolo, dan ketua Darmawanita Persatuan Luwu, Suherida A Sappaile. (ris)

Loading...

#TRENDING

To Top