ANEKA

Bupati Terima ”Kapal Rakyat”, Program Hibah Kemenhub RI

JAKARTA.UPEKS.co.id—Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani didampingi Kepala Dinas Perhubungan Hakim
Bukara, mene Kapal Rakyat seharga Rp. 2,5 Milyar dari Kementerian Perhubungan melalui program hibah dari
Dirjen Perhubungan Laut, Agus H Purnomo di Grand Hotel Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Jumat(11/10).

Penyerahan Kapal Rakyat untuk penumpang dari Hibah Kemenhub RI ini, panjang kapal 30 meter, lebar 3 meter  dan berkapasitas 40 orang denfan kecepatan 8-9 knots.

” Kapal ini pula dilengkapi Sistem Sonar, GPS, Kompas, AC dan sejumlah peralatan lainnya,” terang Agus  Purnomo, seraya menambahkan ada 36 Pemerintah Kabupaten di Indonesia yang menerima hibah kapal rakyat  dari Kemenhub RI.

Sementara Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani berterimakasih kepada Kemenhub terutama pada Dirjen  Perhubungan laut atas hibah kapal ini.

Loading...

” Dengan adanya kapal rakyat ini dapat membantu mobilitas masyarakat  di pesisir pantai,” ucap Indah melalui Kabag Humas Protokoler Syahruddin.

Kapal rakyat ini juga akan mengangkut barang-barang masyarakat, apalagi kita segera mengoperasikan  pelabuhan Munte di Kecamatan Tana Lili.

“Faktor keamanan adalah yang penting harus diperhatikan pada pelayaran. Selain itu saya juga minta kapal  tersebut jangan sampai menaikkan penumpang melebihi kapasitas kapal,” ujar Bupati Lutra.

Pemda melalui Dinas Perhubungan akan terus melakukan monitoring demi menjaga keselamatan penumpang, bila  sudah dioperasikan dan lengkapi alat pelampung sesuai jumlah penumpang dan memuat penumpang melebihi  kapasitas kapal. Ini padahal sangat penting, sebab jika sewaktu-waktu ada peristiwa yang tidak diinginkan tentu  akan menyengsarakan penumpang.

“Kecelakaan laut sering terjadi karena keteledoran maupun ketidak pedulian terhadap faktor  keselamatan.Penumpang maupun awak kapal kerap menyepelekan daya tampung maksimal kapal,” pesan Indah  Putri Indriani.(yustus)

Loading...

#TRENDING

To Top