EDUKASI BUDAYA

Akreditasi Journal EST PPs UNM Naik dari Peringkat 3 ke 2

Makassar, Upeks.co.id–Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan penilaian jurnal ilmiah untuk pemeringkatan status akreditasi sebagai tolok ukur kualitas jurnal ilmiah perguruan tinggi, lembaga, dan asosiasi keilmuan.

Berdasarkan Keputusan Direktur Penguatan Riset dan Pengembangan Nomor 28/E/KPT/2019 tentang Peringkat Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode V Tahun 2019, Journal of Education Science Technology yang diterbitkan Divisi Jurnal Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar (PPs UNM) ditetapkan naik peringkat dari 3 ke 2 mulai volume 5 nomor 1 tahun 2019.

Prestasi ini sangat membanggakan. Sebab, status akreditasi jurnal ilmiah akan menentukan kualitas dan kian menarik ilmuan untuk mempublikasikan artikelnya. Menurut Muhammad Ilham Bakhtiar selaku Chief Editor, pemeringkatan akreditasi jurnal melalui seleksi ketat, terutama isi, asal penulis, dan rutinitas penerbitannya.

Loading...

Prof.Dr.Anshari,M.Hum. selaku Wakil Direktur Bidang Kerja Sama dan Publikasi menyatakan rasa bangga dan sumringah atas raihan prestasi ini. Keberhasilan ini tidak terlepas dari arahan, motivasi, dan dukungan Rektor UNM, Prof.Dr.Husain Syam,M.T.P. yang mendorong semua jurnal di UNM mendapat akreditasi nasional.

Arahan, motivasi, dan dukungan juga diberikan oleh Direktur PPs, Prof.Dr.Hamsu Abdul Gani,M.Pd. Guru Besar Teknologi Pembelajaran ini mendorong agar semua prodi memiliki jurnal ilmiah. Bahkan, mahasiswa yang akan menyelesaikan studi program magister diwajibkan publikasi artikel di jurnal nasional terakreditasi.

Regulasi itu, selain meningkatkan mutu lulusan juga mendorong pengelola jurnal ilmiah di setiap prodi bekerja keras menaikkan status akreditasinya. “Publikasi ilmiah dapat menjadi kultur akademik di PPs UNM,” tegas Anshari, Guru Besar FBS UNM.(rls)

Loading...

#TRENDING

To Top