ANEKA

Hari Penglihatan Sedunia, Ini Imbauan Plt Kadis Kesehatan

 


Plt Kadis Kesehatan Kab. Enrekang Sutrisno, SE. SKM. MM dan Spesialis Mata RSUD Maspul dr. Yunita Latif
Lote di lapangan Abubakar Lambogo Enrekang saat Screening. foto: Sry/Upeks

ENREKANG, UPEKS.co.id –Dalam rangka World Sight Day 2019 atau Hari Penglihatan Sedunia 2019
dilaksanakan minggu kedua di bulan Oktober, setiap hari Kamis, Dinas Kesehatan Kabupaten Enrekang bekerja
sama Helen Keller Intenasional (HKI) melakukan Screening mata gratis.

Pemeriksaan mata tersebut berlangsung dilapangan Abubakar Lambogo, Batili, Kelurahan Galonta, Kecamatan  Enrekang Kabupaten Enrekang seusai melaksanakan senam bugar bersama Pimpinan OPD, Pimpinan Bank  Sulselbar dan masyarakat sekitar.

Screening mata juga diramaikan oleh Pimpinan OPD yang secara sukarela dan sadar ikut memeriksakan matanya.

Spesialis mata RSUD Massenrempulu Enrekang dr. Yunita Latif Lote mengatakan kadang orang menyepelekan  mata. Padahal sangatlah penting melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

” Kita, melakukan kegiatan ini karena kita tidak mau lagi ada kasus kebutaan yang sebenarnya bisa dicegah dan  diobati. Untuk itu saya mengajak semua masyarakat mari melakukan pemeriksaan mata secara rutin ” kata dokter  Yunita.

Dia mengatakan mata perlu mendapat perhatian khusus terutama karena penggunaan gedget dan permainan TV.

Menurutnya orang yang sering melihat dekat rentan terhadap timbulnya gejala pada mata yang memerlukan alat  bantu seperti kacamata dsb.

” Kadang-kadang kita sepelekan mata karena kita fikir mata kita dua padahal itu sangat berbahaya kalau  diabaikan” ujarnya.

Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Enrekang Sutrisno,SE.SKM.MM mengimbau kepada seluruh masyarakat agar  segera melakukan screening mata jika mulai merasakan ada kelainan dan kelelahan pada mata.

Sutrisno juga berpesan agar masyarakat jangan terlalu sering mendekatkan mata pada handphone, Laptop,  komputer dan sejenisnya karena ini akan membuat mata kita lelah dan akan menjadi rusak.

” Untuk memelihara kesehatan mata diharapkan agar tidak melakukan kegiatan yang penuh menjenuhkan mata,  terutama anak – anak diera IT agar orang tua menjaganya dari Handphone,” pungkasnya. ( Sry)

 

Loading...

#TRENDING

To Top